Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Batik Tulis Besurek Asli di Bengkulu, Ini Tempatnya...

Kompas.com - 30/05/2018, 15:19 WIB
Firmansyah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com - Mengunjungi Bengkulu tanpa membawa oleh-oleh batik tulis besurek khas daerah itu adalah satu tindakan yang kurang lengkap. Beberapa sentra penjualan batik tulis dapat ditemukan di Bengkulu.

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu meresmikan Rumah Batik Canting Emas sebagai pusat penjualan, pameran (display), hasil kerajinan tangan batik tulis khas Bengkulu yang dijamin asli buatan perajin batik lokal.

"Ini kerja sama banyak pihak antara pengrajin batik besurek, BI, Pemda mendampingi pembatik besurek yang nyaris punah," kata Kepala BI Bengkulu, Endang Kurnia Saputra, Rabu (30/5/2018).

Baca juga: Batik Besurek dalam Pusaran Peradaban Bengkulu

Ia mengatakan rumah batik juga memberikan jaminan barang yang dipajang dan dijual merupakan asli buatan tangan pembatik besurek Bengkulu.

"Ini asli Bengkulu. Selama ini batik besurek banyak dibuat di luar Bengkulu karena pembatik lokal mati suri," ungkapnya.

Batik besurek dalam beberapa pameran kerap mendapat pujian baik dari Ibu Negara Iriana Joko Widodo, kalangan menteri hingga artis seperti Maudy Koesnadi.

"Ini sebagai wadah para pembatik tulis Bengkulu. Mereka bisa menjual dan menitipkan hasil karya untuk diapresiasi masyarakat," tambah Endang. 

Baca juga: Selamatkan Batik Besurek Khas Bengkulu!

Kompas TV Kreasi toples lukis hasil karya perajin asal Malang, Jawa Timur dapat digunakan untuk mempercantik sajian kue lebaran.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com