Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Mudik Jangan Mepet Lebaran...

Kompas.com - 30/05/2018, 11:52 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat yang hendak mudik untuk melakukannya lebih awal. Setidaknya sepekan sebelum Lebaran.

Hal itu disampaikan Menhub di sela peresmian Jembatan Wijaya Kusuma penghubung wilayah Ngadiluwih-Mojo di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (29/5/2018).

Kebiasaan mudik pada waktu-waktu mepet hari H Lebaran itu menurutnya akan menyebabkan penumpukan. Dengan demikian, akan banyak pemudik lainnya yang juga memilih waktu yang sama.

"Pemudik kita harapkan mereka mudiknya jangan minus 2, minus 3. Minus 2, minus 3 penuh. Semua orang maunya di (waktu) itu," ujar Budi Karya.

Baca juga: Menhub Prihatin Banyak Warga Bercanda soal Bom

Sehingga waktu ideal untuk melakukan mudik, menurut dia, setidaknya adalah sepekan sebelum Lebaran. Pemudik diharapkan mudik pada minus 7, minus 6, atau minus 5.

Soal persiapan jalur mudik, Budi menegaskan infrastruktur sudah siap. Baik itu berupa jalur tol maupun jalur-jalur umum seperti jalur pantura untuk jalur darat maupun kesiapan yang ada pada jalur udara maupun laut.

Pihaknya juga mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik yang diperkirakan mengalami sedikit peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Pemudik kira-kira naik 10-15 persen (tahun ini)," pungkasnya. 

Baca juga: INFOGRAFIK: 56 Lokasi Top Up Uang Elektronik untuk Panduan Mudik

Kompas TV Garuda Indonesia menyediakan 768 frekuensi penerbangan tambahan selama libur panjang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com