Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ridwan Kamil-Uu Tetap Optimistis Menang di Karawang

Kompas.com - 29/05/2018, 16:20 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Tim pemenangan pasangan calon Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum tetap optimistis pasangan berjargon "Rindu" ini akan menang di Karawang, meskipun berdasarkan hasil survei masih di bawah pasangan calon Deddy-Dedi.

"Kita tetap optimis, karena kita punya strategi untuk mengejar itu," ujar Ketua DPD Partai Nasdem Karawang, Dian Fahrudjaman, Selasa (29/5/2018).

Dian mengakui, menurut hasil survei Litbang Kompas, di Karawang, paslon nomor urut 1 Rindu tertinggal 15 persen dari paslon nomor urut 4. Ia menyebut paslon Rindu masih kalah tenar di masyarakat pedesaan di Karawang.

"Kita akui kelemahannya di masyarakat pedesaan, tetapi secara umum masyarakat ini menerima secara positif mengenai program dan track record Rindu," katanya.

Dian menjelaskan, ia memiliki strategi untuk meningkatkan suara Rindu di pedesaan di Karawang. Nasdem melaksanakan program serbu desa, yakni peningkatan sosialisasi di tingkat desa yang dilakukan seluruh kader. 

"Peningkatan sosialisasinya kita gencarkan, serbu desa ini akan ada gerakan yang lebih masif,  misalnya peningkatan APK Rindu di pedesaan," tambahnya.

Baca juga: Survei Kompas: Sebulan Jelang Pilgub Jabar, Ridwan Kamil-Uu 40,4 Persen, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 39,1 Persen

Selain itu, kata dia, optimalisasi bakal calon legislatif (bacaleg) Nasdem di Karawang pun dilakukan. Setiap bacaleg Nasdem diminta untuk memenangkan Pilgub Jabar 2018 di setiap daerah pemilihan (dapil)-nya. 

"Jika ada Bacaleg Nasdem yang kalah di wilayahnya bahkan TPS (Tempat Pemungutan Suara)-nya sendiri, akan menjadi catatan tersendiri untuk partai," tegasnya. 

Peningkatan sosialisasi Rindu di Karawang juga dilakukan DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Karawang.

"Saya sudah perintahkan seluruh kader PKB ini untuk ikuti fatsum partai. Kebijakan partai Pilgub (pemenangan Rindu) harus didukung. Peningkatan sosialisasi tengah kami lakukan," kata Ketua DPC PKB Karawang, Ahmad Zamakhsyari. 

Pria yang akrab disapa Jimmy ini juga mengaku optimistis paslon Rindu akan memenangkan perolehan suara di Karawang. "Saya tetap optimistis untuk mengejar ketertinggalan 15 persen itu," katanya. 

Baca juga: Survei Kompas: Megapolitan Jadi Penentu Kemenangan di Pilgub Jabar

Berdasarkan survei Litbang Kompas pada Mei 2018, elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul mencapai 40,4 persen, sedangkan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi menguasai 39,1 persen responden pemilih.

Bagi pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, wilayah Jawa Barat sebelah utara, seperti ceruk  geopolitik ”Karawangan”, masih menjadi basis kekuatan.

Dalam survei, Karawang, Purwakarta, dan Subang dikuasai secara signifikan oleh pasangan Deddy-Dedi. Baik hasil survei tiga bulan lalu maupun saat ini, angka tersebut stabil. Sebanyak 69,5 persen responden memilih Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Kompas TV Bagaimana hasil survei Litbang Kompas tentang elektabilitas pasangan calon di Pilgub Jawa Barat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com