Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aburizal Bakrie: Adinda Dedi Mulyadi Pantas Menjadi Pemimpin

Kompas.com - 28/05/2018, 06:50 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie menilai, Dedi Mulyadi layak memimpin Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Ical ini memuji gagasan mantan Bupati Purwakarta dalam memimpin rakyat. Menurutnya, gagasan Dedi Mulyadi tidak perlu diragukan lagi.

“Adinda saya ini (Dedi Mulyadi) merupakan sosok yang sudah pantas. Wawasannya, gagasannya, tidak perlu diragukan lagi,” kata Ical saat memberikan sambutan di hadapan 1.000 anak yatim di Babelan Kota, Kabupaten Bekasi, Minggu (27/5/2018).

Ical menyebut, Dedi Mulyadi adalah "petani" yang konsisten menanam. Oleh sebab itu, pada momen Pilgub Jawa Barat, Dedi tinggal menuai hasil yang selama ini dia tanam tersebut.

“Ini terlepas soal politik ya, Adinda Dedi Mulyadi pantas menjadi pemimpin. Beliau ini mampu membangun sinergi antara pengusaha, masyarakat dan pemerintah,” ucapnya.

Sebelumnya, Ical sempat menyimak gagasan calon wakil gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi mengungkapkan sebuah gagasan tentang zakat dan pajak.

Baca juga: Survei Kompas: Sebulan Jelang Pilgub Jabar, Ridwan Kamil-Uu 40,4 Persen, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 39,1 Persen

Menurut dia, 8 ashnaf (golongan) penerima zakat harus menjadi tanggung jawab negara dan aghniya (orang kaya, pengusaha).

“Seharusnya bangsa kita sudah makmur, ada pajak ada zakat. Semuanya diserahkan kepada 8 ashnaf. Para aghniya menjadi bagian dari zakat dan pajak itu. Negara sebagai amiliin (pengumpul zakat dan pajak) memfasilitasi,” ungkapnya.

Dedi juga menyinggung soal pajak. Dia menilai, masyarakat sekitar wilayah industri belum merasakan manfaat signifikan dana pajak yang ditarik dari pengusaha. Padahal, para pengusaha sudah menunaikan kewajibannya untuk membayarkannya kepada negara.

“Kehadiran industri harus memberikan dampak positif. Pajaknya digunakan untuk menata lingkungan sekitar industri itu,” kata dia.

Baca juga: Dedi Mulyadi: Ada Zakat dan Pajak, Indonesia Seharusnya Makmur

Selain itu, anak-anak warga di perkampungan sekitar industri sudah seharusnya menjadi tanggung jawab pengusaha. Mereka harus mendapatkan pendidikan layak berupa sekolah manager. Sehingga, anak-anak tersebut di masa depan menjadi tuan di daerahnya sendiri.

“Kalau begini, akan tercipta kesinambungan. Industri berhasil mendorong perubahan sosial. Kehadiran industri memberikan manfaat,” pungkasnya.

Kompas TV Proyeksi elektabilitas para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat semakin menjauh.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com