Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Siap Beroperasi Saat Mudik, Gratis

Kompas.com - 27/05/2018, 12:10 WIB
Caroline Damanik

Editor

BREBES, KOMPAS.com - Jalan Tol seksi 3 dan 4 Pejagan-Pemalang sepanjang 37,3 kilometer dari Brebes Timur hingga Pemalang dipastikan siap beroperasi meski masih tetap berstatus fungsional tanpa tarif pada mudik Lebaran 2018.

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur-Pemalang, maka pemudik ke arah Semarang tidak harus lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur.

Mereka bisa meneruskan perjalanan ke ruas tol Pemalang-Batang hingga Semarang sejauh 114,2 km yang juga akan dibuka fungsional.

“Untuk laporan sekarang, ruas tol dari Brebes ke Pemalang, Insya Allah sudah bisa kita tembus dengan kondisi mantap,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat meninjau ruas tol Pejagan-Pemalang, Sabtu (26/5/2018), seperti dikutip dari situs setkab.go.id.

Baca juga: Dibuka Fungsional, 13 Gardu Tol Disiapkan Setelah Brebes Timur

Sementara itu, jadwal pembukaan jalur tol tersebut, lanjut Basuki, akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Kementerian Perhubungan selaku koordinator pelaksanaan mudik Lebaran.

“Kementerian PUPR bertugas memastikan sarana prasarananya untuk dapat digunakan paling lambat pada H-10 Lebaran, sekitar tanggal 9 Juni 2018 saat dimulainya liburan,” ujarnya.

Kondisi jalan di sepanjang ruas Brebes Timur hingga Pemalang disebut sudah dilapisi dengan beton (rigid pavement). Saat ini, ruas tol tersebut tengah menjalani uji laik fungsi dan operasi oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Proyek Jalan Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 km dikerjakan oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road dengan nilai investasi Rp 7,26 Triliun. Sebelumnya, seksi 1 dan 2 sudah dioperasikan hingga Brebes Timur.

Gardu tol sementara sudah dibangun di daerah Sewaka, di sekitar KM 294 Tol Pejagan-Pemalang untuk memfasilitasi transaksi pembayaran tol bagi pemudik yang bergerak melewati ruas Brebes Timur dari Tol Cikampek menuju Semarang.

“Kalau dari Cikampek ke Semarang tidak akan keluar di Brebes akan bayarnya di Sewaka ini dan setelah itu gratis dari Brebes Timur hingga Semarang untuk mudik Lebaran,” ujarnya.

Baca juga: Pesan Jokowi untuk Anak Muda yang Aktif di Media Sosial, Jangan Menghujat

Menteri Basuki juga meninjau perkembangan pembangunan salah satu tempat istirahat (rest area) tipe B di sekitar kilometer 275 ruas Brebes Timur-Pemalang.

Menurut dia, tempat istirahat tipe B tersebut akan dilengkapi fasilitas parkir mobil berkapasitas 75-100 kendaran,  kantin, UKM, fasilitas kesehatan, BBM, toilet, bengkel, dan tambal ban.

“Ini salah satu contoh rest area yang yang tipe B, yang lebih kecil tanpa adanya SPBU seperti di tipe A. Nanti kita siapkan per 20 km,” ujarnya.

Kementerian menargetkan, rest area tersebut beroperasi paling lambat H-10 Lebaran sehingga pemudik sudah bisa memanfaatkan layanan tersebut.

“Namun kami juga rencanakan di setiap jarak 10 km akan dibangun parking bay tempat istirahat sementara dengan toilet, minimart dan mushala,” ujarnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com