Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.617 Polisi Amankan Perayaan Waisak 2018 di Candi Borobudur

Kompas.com - 25/05/2018, 22:14 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Puncak perayaan Tri Suci Waisak 2562 BE/2018 secara nasional akan dipusatkan di pelataran candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (29/5/2018).

Sebanyak 1.617 personel kepolisian diterjunkan untuk mengamankan hari raya umat Buddha tersebut.

"Pengamanan dilakukan oleh personel Polres Magelang, dipertebal dengan Polda Jawa Tengah, jumlahnya 1.617 personel. Pengamanan mulai dari persiapan sampai akhir kegiatan," kata Wakil Kepala Polda Jawa Tengah, Kombes Polisi Ahmad Lutfi, di sela bakti sosial di Candi Borobudur, Jumat (25/5/2018).

Lutfi optimistis, pelaksanaan Tri Suci Waisak 2018 akan berjalan lancar dan kondusif, termasuk bebas ancaman terorisme.

Meskipun demikian, segala upaya antisipatif tetap dilakukan sebagai kewajiban anggota Polri.

"Tidak ada (ancaman terorisme). Semua kegiatan Polri mengantisipasi ancaman apapun, kewaspadaan bagi anggota Polri itu wajib hukumnya," tegas mantan kapolresta Solo itu.

Baca juga: Sambut Waisak 2018, Walubi Gelar Pengobatan Gratis Untuk Masyarakat Sekitar Candi Borobudur

Demikian halnya dengan ancaman bencana erupsi Gunung Merapi yang beberapa waktu terakhir menunjukkan peningkatan aktivitas.

Lutfi menyatakan, anggotanya siap terjun jika diperlukan dalam penanganan bencana tersebut.

"Kita sudah siap, bekerja dengan SAR, Basarnas, BPBD. Kita punya Dalmas, Sabhara, yang siap peralatannya manakala perlu digeser akan kita geser (ke lokasi bencana)," tandasnya.

Dalam rangkaian kegiatan Waisak 2018, Polri terlibat tidak hanya pada pengamanan tapi juga bergabung dalam tim bakti sosial (baksos) pengobatan gratis di pelataran Candi Borobudur, 25-26 Mei 2018.

Sejumlah dokter dan paramedis Polri membantu melayani masyarakat yang memerlukan bantuan kesehatan.

"Jajaran Polri dan TNI bersama memberi pelayanan masyarakat. Di tengah kegiatan politik, kita diberi kesempatan untuk pelayanan masyakarat. Harapan kami baksos ini bisa berlanjut tidak hanya di Borobudur tapi juga ke daerah lain," paparnya.

Sementara itu, Panglima Kodam IV Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Wuryanto meyakinkan bahwa rangkaian kegiatan Waisak umat Buddha di komplek Candi Borobudur akan berjalan aman.

"Saya yakin betul, kegiatan sosial ini jauh dari ancaman-ancaman yang dikhawatirkan. Meskipun antisipasi tetap dilakukan," ucapnya.

Menurutnya, semua jajaran TNI maupun Polri mendukung sepenuhnya kegiatan sosial yang diadakan umat Buddha dan anggota masyarakat lainnya, yakni Ramadhan dan Lebaran 2018 ini.

Kompas TV Di bawah langit yang gelap dan berpetir, warga Thailand tetap khusyuk memeringati Waisak.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com