Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sekitar Gunung Merapi Wilayah Magelang Belum Mengungsi

Kompas.com - 22/05/2018, 11:08 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Belum ada warga sekitar puncak gunung Merapi di wilayah Magelang yang mengungsi pasca-kenaikan status "waspada", Senin (21/5/2018) malam.

"Belum ada (pengungsi). Protapnya, pada status "siaga" masyarakat mengungsi atau diungsikan," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto saat dihubungi, Selasa (22/5/2018).

Meski demikian, pihaknya telah melakukan kesiapsiagaan menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi di Gunung Merapi.

"Puskesmas, TEA (Tempat Evakuasi Akhir), dan personel siap menghadapi kemungkinan yang terjadi. Mohon doanya," tuturnya.

Baca juga: Status Gunung Merapi Dinaikkan Jadi Waspada

Edi menyebutkan, berdasarkan data 2017, sebanyak 3 Kecamatan meliputi 19 desa di sekitar Merapi yang masuk kategori rawan bencana erupsi, yaitu Kecamatan Srumbung, Sawangan, dan Dukun.

"Ada sekitar 46.616 jiwa penduduk yang tinggal di wilayah tersebut, " papar Edi.

Infografik riwayat letusan Merapi sejak 1990-an.KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO Infografik riwayat letusan Merapi sejak 1990-an.
Adapun untuk TEA yang telah disiapkan sebanyak 17 shelter dengan kapasitas masing-masing 500 orang.

TEA tersebar di 6 Kecamatan yakni Srumbung, Salam, Ngluwar, Muntilan, Mungkid dan Borobudur.

Baca juga: Video Letusan Merapi yang Viral Selasa Pagi Hoaks

Menurutnya, sosialisasi terkait kondisi Gunung Merapi terkini terus disampaikan kepada masyarakat. Hal ini penting sebagai upaya mitigasi atau mengurangi risiko bencana.

"Untuk sosialisasi sudah kami lakukan, kemarin dari BPPTKG Yogyakarta sudah kita hadirkan di Kecamatan Srumbung," tuturnya.

Seperti diberitakan, Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta telah mengalami letusan freatik sebanyak tiga kali dalam sehari, Senin (21/5/2018).

Gunung ini terus menunjukkan perkembangan aktivitas signifikan sehingga BPPTKG menaikkan status dari "Normal" menjadi "Waspada". 

Kompas TV BPPTKG Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari normal menjadi waspada.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com