Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berjarak 3,5 Km dari Gunung Merapi, 362 Warga Desa Stabelan Mengungsi

Kompas.com - 22/05/2018, 09:13 WIB
Labib Zamani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - Ratusan warga Dusun Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah yang berjarak 3,5 kilometer dari puncak Gunung Merapi mengungsi.

Mereka mengungsi ke tempat penampungan pengungsi sementara (TPPS) Tlogolele, Selo, Boyolali, Selasa (22/5/2018). 

"Warga yang mengungsi ada 362 orang. Mereka berasal dari Dusun Stabelan yang jaraknya sekitar 3,5 kilometer dari puncak Gunung Merapi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali, Bambang Sinung.

Selama di tempat pengungsian, sambung Bambang, semua kebutuhan telah disiapkan. Mulai dari makanan, logistik, sampai obat-obatan.

Baca juga: Status Gunung Merapi Dinaikkan Jadi Waspada

Mereka akan tinggal sementara di tempat pengungsian hingga kondisi Gunung Merapi aman. Sebab, status Gunung Merapi saat ini ditingkatkan dari normal menjadi waspada.

Bambang menyebut, Senin (21/5/2018), terjadi letusan freatik Gunung Merapi hingga empat kali disertai suara gemuruh.

Letusan itu terjadi pada pukul 01.25 WIB dan pukul 09.36 WIB. Letusan kembali terjadi pada pukul 18.25 WIB dan 17.50 WIB.

"Kita meminta untuk siaga desa. Para pemuda desa untuk mengadakan ronda sehingga sewaktu-waktu ada perkembangan kondisi Gunung Merapi bisa segera diinformasikan," jelas Bambang.

Infografik riwayat letusan Merapi sejak 1990-an.KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO Infografik riwayat letusan Merapi sejak 1990-an.

Kompas TV Gunung Merapi di Yogyakarta kembali mengeluarkan letusan freatik hari ini (21/5). Letusan freatik terjadi dua kali.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com