Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapa Warga Aren Jaya, Hasanudin Beberkan Program Sekolah Gratis

Kompas.com - 20/05/2018, 19:01 WIB
Putra Prima Perdana,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Calon gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin menyapa warga Kelurahan Aren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Minggu (20/5/2018).

Dalam kunjungannya tersebut, pria yang akrab disapa Kang Hasan ini mengungkapkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tentang tingkat rata-rata pendidikan di Jawa Barat yang hanya setara dengan kelas 2 SMP.

Menurut dia, salah satu penyebabnya adalah biaya pendidikan yang mahal dan rendahnya tingkat perekonomian masyarakat.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, Hasan mengaku telah memiliki program untuk menggratiskan biaya sekolah negeri hingga tingkat SMA melalui "Kartu Sakola Gratis", yang akan menjamin peserta didik untuk mengenyam pendidikan yang layak tanpa dibayangi kekhawatiran akan biaya yang menyulitkan.

Baca juga: Bupati Karawang Tanggapi Kritik Cagub Hasanudin soal Sekolah Rusak

"Dengan kartu ini, masyarakat anak-anaknya gratis sekolah, khususunya SMA yang menjadi tanggungjawab provinsi. Insya Allah, kami jamin dan kami tanggung," kata Hasan, Minggu sore.

Purnawirawan Jendral TNI AD itu menegaskan, pihaknya akan mengawasi sekolah negeri yang masih memungut biaya di luar ketentuan. Menurut dia, masyarakat harus merasakan pelayanan pendidikan gratis yang sebenarnya.

"Jangan sampai sekolah gratis, tapi gratis bohongan dan masih diminta biaya ini dan itu," ujar Hasan.

Sementara untuk sekolah swasta dan pondok pesantren, mantan ajudan Presiden BJ Habibie itu mengaku akan memberikan bantuan berupa pembangunan infrastruktur untuk menunjang perkembangan sekolah.

Baca juga: Hasanudin Prihatin Lihat Sekolah dan Jalan Rusak di Karawang

Selain itu, pondok pesantren di Jawa Barat juga akan diberikan alokasi dana Rp 1 triliun per tahun untuk kemajuan pendidikan pesantren, serta digunakan sebagai insentif bagi para ulama, guru ngaji, hingga marbot masjid.

"Pendidikan swasta kita bantu sarananya. Kita akan lakukan setapak demi setapak. Sementara perkembangan pesantren juga terus kita dorong untuk mencetak generasi Islam unggul," beber Hasan.

Feti Farida Purba, salah satu warga yang hadir menilai, program yang disampaikan Hasan akan berdampak baik bagi kesejahteraan masyarakat jika terealisasi dengan baik.

Baca juga: Hasanudin: Jawa Barat Kekurangan Dokter Spesialis di Pelosok

Menurut Feti, selain "Sakola Gratis", program "Boga Gawe" dan "Jabar Cageur" yang diunggulkan pasangan Hasanah (Hasanuddin-Anton Charliyan) terbilang inovatif dan menjawab persoalan yang dihadapi oleh rakyat Jawa Barat.

"Belum ada program kaya begini, terutama 'Sakola Gratis', 'Boga Gawe' dan kesehatan (Jabar Cageur). Itu tidak bisa dipisahakan dan tiga-tiganya paling mantap," ujar dia.

Kompas TV Di Bandung, Calon Gubernur Jawa Barat, TB Hasanuddin menghadiri deklarasi pilkada aman dan damai yang diselenggarakan oleh MUI Jawa Barat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com