Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarak Puskesmas 20 Km, Seorang Ibu Meninggal Dunia saat Melahirkan

Kompas.com - 19/05/2018, 21:09 WIB
Firmansyah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com - Seorang ibu meninggal dunia saat melahirkan di Desa Sinar Mulya, Kecamatan Maje, Kabupaten kaur, Provinsi Bengkulu, Jumat (18/5/2018). 

Kepala Desa Sinar Mulya Purwanto saat dihubungi Kompas.com membenarkan peristiwa memilukan itu. Warganya yang meninggal saat melahirkan bernama Simah (40). 

Menurutnya, Simah meninggal karena buruknya akses menuju pusat kesehatan terdekat serta minimnya tenaga medis. Simah harus dibawa dari rumahnya ke Puskesmas desa dengan menempuh jalan sepanjang 20 kilometer.

"Puskesmas ada namun jaraknya dari rumah Simah sekitar 20 kilometer. Itu harus dilalui menggunakan kendaraan roda empat bergardan ganda," jelasnya.

Baca juga: Kronologi Peserta SBMPTN 2018 Melahirkan di Toilet Saat Ujian

Walaupun sang ibu meninggal, namun sang bayi lahir dengan selamat.. 

Purwanto mengatakan, masalah infrastruktur dan kurangnya tenaga medis menjadi salah satu masalah di desanya, sebab sebelum Simah, sudah ada warga yang meninggal dunia karena melahirkan. 

Ia berharap pemerintah dapat segera memperbaiki jalan desa yang buruk agar korban serupa tidak terulang. Sementara di desanya terdapat ratusan kepala keluarga yang bermukim menggunakan akses jalan buruk tersebut.

Kompas TV Sang bayi sempat terlilit tali pusar ibunya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com