Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Nunukan Meningkat Sepanjang 2017

Kompas.com - 16/05/2018, 14:33 WIB
Sukoco,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NUNUKAN, KOMPAS.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan di Kalimantan Utara (Kaltara) mencatat adanya peningkatan jumlah kasus penderita HIV/AIDS di wilayah perbatasan.

Kabid Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan Sabaruddin mengatakan, tahun 2017 tercatat ada 17 warga Nunukan yang dinyatakan positif mengidap HIV/AIDS.

“Pada 2016 ada 10 orang yang dinyatalan positif HIV/AIDS,” ujar Sabaruddin, Selasa (15/05/2018).

Naiknya jumlah penderita HIV/AIDS sepanjang 2017 membuat Dinkes Nunukan berupaya agar masyarakat mau berpartisipasi dalam Voluntary Counselling and Testing VCT pada tahun ini. 

Dinkes Nunukan tahun ini menargetkan 200 warga yang akan melakukan VCT. Dengan demikian akan diketahui lebih akurat jumlah penderita HIV/AIDS.

Baca juga: Seks Bebas dan Narkoba Jadi Pemicu Bertambahnya Jumlah Penderita HIV/AIDS

 

"Tingkat kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri masih rendah, tahun ini kami targetkan ada 200 warga melakukan pemeriksaan,” imbuh Sabaruddin.

Dinkes Nunukan juga terus melakukan sosialisasi bahaya HIV/AIDS dan pentingnya pemahaman terhadap penularan HIV/AIDS.

Dinkes Nunukan juga membuka outlet kondom gratis di lokasi prostitusi untuk menekan penyakt menular masyarakat dan HIV/AIDS.

“Kami hanya melakukan sosialisasi dan program outlet kondom gratis di lokasi prostitusi masih berlangsung,” ucap Sabaruddin.

Kompas TV Bertempat di sebuah rumah di kawasan Antasan Kecil, sejumlah ODHA berkumpul mengembangkan kreativitas, menciptakan beragam kerajinan tangan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com