Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Jabar dari Teror Bom, Polda Jabar Tambah Kekuatan Personil

Kompas.com - 15/05/2018, 10:35 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG,KOMPAS.com - Pascaledakan bom di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018), Polda Jabar meningkatkan status keamanan menjadi siaga 1.

Guna memberikan rasa aman kepada masyarakat, Polda Jabar menambah kekuatan personilnya di lapangan untuk mengamankan kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya.

"Siaga 1 berarti peningkatan baik jumlah dan kualitas, agar masyarakat beraktivitas seperti biasa tidak usah takut. Kami tambah jumlah (personil) untuk melindungi masarakat," kata Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto di sela patroli bermotor, di Jalan Merdeka, Kota Bandung, Selasa (15/8/2018).

Irjen Agung langsung memimpin patroli di sejumlah titik di Kota Bandung dan langsung mengecek kesiapan anggotanya di lapangan.

Baca juga: Pasca-rentetan Teror, Moeldoko Imbau Pelaku Usaha Tenang

Pihaknya mengaku masih prihatin dengan insiden ledakan bom yang menewaskan puluhan orang, di Surabaya, Jawa timur.

Berdasarkan kejadian teror itu, peningkatan keamanan pun dilakukan, dengan menambah jumlah kekuatan personil dilapangan. Hal tersebut dilakukan untuk meyakinkan keamanan masyarakat beraktivitas seperti biasa.

"Negara harus berani dan hadir dan kita bangsa indonesia tidak takut karena itu (teroris) musuh kita semua, dan itu saya ingin meyakinkan kepada masyarakat bahwa anggota saya Polda Jabar tetap melindungi dan mengayomi masyarakat," katanya

Selain menambah personil di pos penjagaan, polisi juga menempatkan anggotanya di sekolah-sekolah.

"Termasuk di sekolah, anggota harus ada melindungi dan tidak takut, saya hadir untuk meyakinkan anak-anak kalau polisi hadir untuk melindungi, saya sudah dibantu Kodam yang sewaktu-waktu siap membantu tugas kepolisian," tuturnya.

Baca juga: Pasca-Bom Surabaya, Pengamanan Polres dan Polsek di Aceh Ditingkatkan

Menurutnya, sejauh ini pascaaksi teror di Jatim, kondisi keamanan di Jawa Barat masih dalam keadaan aman dan kondusif.

Saat ini anggota di lapangan tengah bersiap dilengkapi dengan senjata, mengenakan rompi anti peluru dan senjata tajam. 

Kompas TV Kabid Humas Polda Jawa Timur mengonfirmasi ada penyerangan berupa ledakan bom di markas Polrestabes, Surabaya, Jawa Timur. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com