Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba Pertama di Debat Publik, 2D Mengaku Siap Bahas Lingkungan

Kompas.com - 14/05/2018, 20:49 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Reni Susanti

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Debat publik putaran kedua Pilgub Jawa Barat akan segera dimulai di Balairung UI, Senin (14/5/2018).

Pasangan pertama yang tiba di lokasi debat adalah pasangan nomor urut 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Pasangan incumbent ini menyatakan siap dengan debat yang akan melangsungkan tema lingkungan hidup, sumber daya alam, energi dan pangan, pertanian, kelautan dan kehutanan, serta pertambangan. 

"Kita sudah siapkan dalam 9 program yang kita ajukan, coba dibaca saja. Jadi soal persiapan (debat) biasa saja," ucap Deddy Mizwar.

Baca juga: Debat Publik, Pasangan Hasanah Mengaku Tak Ada Persiapan Khusus

Dedi Mulyadi juga mengungkapkan, secara pribadi kerap bersentuhan dengan alam. Ia mengungkapkan isu lingkungan tidak pernah jauh dari isu budaya.

"Jadi pengalaman empiris dalam bentuk penghayatan pada seluruh nilai kita gunung, laut, sungai di wilayah Jawa Barat ini itu adalah nilai diekpoloitir pada hari ini untuk memimpin masa depan Jawa Barat," katanya.

"Lingkungan saya tiap hari bergulat dengan itu, tidak pernah jauh dengan kebudayaan," tambahnya.

Soal Sungai Citarum yang diperkirakan akan ditanyakan paslon lain, Deddy Mizwar mengungkapkan, semua mengacu pada UU 23 Tahun 2014.

Baca juga: Gaya Dedi Mulyadi Berjalan Santai di Atas Karpet Merah Acara Debat Publik

UU tersebut menyebutkan, soal lingkungan hidup adalah urusan konkuren yang non pelayanan dasar. Dalam hal ini, persoalan badan sungai merupakan urusan pemerintah pusat.

"Ini bagaimana caranya harus kerja sama antara pemerintah pusat ke bawahnya. Jadi pendekatannya nanti struktural, non struktural, dan kultural kalau bicara Citarum," ucap Deddy.

Kompas TV Visi Duo DM adalah mewujudkan Jawa Barat yang adil, sejahtera, dan berkarakter. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com