Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dedi Mulyadi Lari Pagi Agar Tampak Segar di Debat Pilkada Jabar

Kompas.com - 14/05/2018, 12:27 WIB
Irwan Nugraha,
Reni Susanti

Tim Redaksi

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengaku tak memiliki persiapan khusus untuk menghadapi debat kandidat kedua di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Senin (14/5/2018) malam. 

Dirinya hanya melakukan rutinitas lari setiap pagi di sekitar rumah pribadinya di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta.

"Tak ada persiapan khusus. Paling persiapannya hanya kebiasaan saya lari pagi supaya nanti terlihat tampak segar dan bugar," jelas Dedi kepada Kompas.com, Senin pagi.

Dirinya selama ini sudah terbiasa beradu gagasan, visi dan misi sejak aktif sebagai aktivis HMI tahun 1990. Lahirnya pergulatan ide, menurut dia, merupakan dinamika yang biasa. 

Baca juga: Survei CSIS: Elektabilitas Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 41,4 Persen, Ridwan Kamil-Uu 33,5 Persen

“Itu (debat) dinamika biasa, jadi menghadapinya sudah biasa juga,” tambah dia.

Dalam keterangan resminya, KPU Jabar menetapkan tema debat kedua Pilgub Jawa Barat. Yakni mengenai lingkungan hidup, sumber daya alam, energi, pangan, kelautan, kehutanan dan pertambangan.  

Dedi menilai, seluruh solusi atas masalah yang muncul dalam tema tersebut tidak bisa ditemukan hanya dalam buku akademik.

Fakta empirik di lapangan, sambung dia, menjadi referensi sesungguhnya dalam rangka menggali solusi berupa program.

“Solusi itu hanya bisa ditemukan oleh orang yang sudah berkunjung ke tempat dimana masalah itu terjadi. Kalau hanya mengandalkan buku sebagai referensi, gak akan ketemu akar masalah dan solusinya,” ungkapnya.

Baca juga: Dedi Minta Kader Golkar Ganti RBT Ponsel dengan Lagu Pat Gulipat

Selama ini, masalah di Jabar sangat kompleks. Sehingga Jabar mesti memiliki sosok pemimpin yang taktis dan solutif untuk menyelesaikan masalah secara cepat dan tepat. 

“Curahan hati masyarakat harus didengarkan dengan hati pula. Itu akan melahirkan energi untuk menyelesaikan masalah mereka. Kalau ditanya kiat, itulah kiat saya selama ini. Intinya sekarang mah santai wae,” tandasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com