Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Debat Kedua Pilkada Jabar, Ridwan Kamil Mengaku Lebih Rileks

Kompas.com - 14/05/2018, 11:09 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Debat publik kedua Pilkada Jawa Barat akan digelar di Universitas Indonesia, Depok, Senin (14/52018) malam nanti.

Debat akan membahas isu seputar lingkungan hidup, sumber daya alam (SDA), energi dan pangan, pertanian, kelautan, kehutanan dan pertambangan.

Kandidat gubernur nomor urut 1, Ridwan Kamil mengaku siap menghadapi debat malam nanti. Serangkaian debat dan diskusi yang telah dijalani membuat Ridwan semakin rileks.

Setidaknya, sambung Ridwan, ada tujuh debat yang dia ikuti, satu di antaranya debat resmi. Sisanya digelar berbagai lembaga dan universitas.

Baca juga: Dituntut Minta Maaf oleh Kepala Desa, Ini Jawaban Ridwan Kamil

"Insya Allah ini semakin membuat Rindu semakin siap dan terasah dalam mengikuti debat kedua yang diselenggarakan KPU nanti," ungkap Ridwan, Senin (14/5/2018).

"Saya dan Pak Uu lebih rileks. Waktu dialog di TVRI itu sudah sangat terasa, kami bisa saling melengkapi. Untuk konten, sama saja kadang-kadang posisi di panggung kami evaluasi juga untuk lebih disempurnakan," tambahnya.

Pria yang akrab disapa Emil itu pun mengaku sudah banyak berdiskusi dengan Uu Ruzhanul membahas materi yang akan didebatkan nanti.

"Saya dan Pak Uu sudah sering bertemu di sela-sela jadwal kampanye, juga sudah banyak diskusi. Insya Allah kita akan sampaikan dalam debat, isu-isu tentang lingkungan dan persoalan lain yang dihadapi Jawa Barat," tuturnya.

Baca juga: Hadirkan Avatar, Ridwan Kamil Ingin Jangkau Warga Pelosok Jabar

Berbekal hasil belanja masalah di beberapa daerah, Emil sudah mengantongi ide dan gagasan sebagai solusi masalah lingkungan dan sumber daya alam di Jabar.

"Mengapa isu lingkungan, karena pasangan Rindu punya misi bahwa dalam pembangunan di Jawa Barat selain harus pro kepada aturan tata ruang, juga harus senantiasa memerhatikan aspek-aspek lingkungan," jelasnya.

Kompas TV Ridwan Kamil berkampanye mengajak warga untuk terus menggali dan mengangkat potensi wisata daerah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com