Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-Erupsi Merapi, Sleman Aman Dikunjungi

Kompas.com - 12/05/2018, 21:09 WIB
Markus Yuwono,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pasca-letusan freatik Gunung Merapi, Jumat (11/5/2018), Bupati Sleman Yogyakarta Sri Purnomo memastikan bahwa lokasi wisata di sekitar Gunung Merapi aman untuk dikunjungi.

"Di Kaliurang, (hari ini) ada lomba jemparingan nasional, 60 pemanah ikut. Memanahnya duduk bersila," kata Balai Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Sabtu (12/5/2018).

Dia mengatakan, sesaat setelah letusan, dia mengikuti safari shalat Jumat di Desa Umbulharjo. Saat itu, dia sempat menanyatakan jadi tidaknya pelaksanaan kegiatan itu kepada warga dan warga menjawab tetap dilanjutkan.

"Ini menunjukkan Sleman tetap aman sehingga perekonomian jalan dengan baik," ucapnya.

Baca juga: Sebelum Merapi Erupsi, Juru Kunci Merasakan Sejumlah Tanda

Sementara itu, sebelumnya, Menteri Sosial Idrus Marham mengapresiasi kinerja masyarakat di lereng Gunung Merapi.

"Saya lihat di sini masyarakat bekerja spontan, bergotong royong, bersama-sama. Ini sangat luar biasa," kata Idrus saat kunjungan di Balai Desa Umbulharjo.

Semangat seperti ini, lanjut dia, harus ditularkan ke daerah lainnya karena potensi bencana ada di hampir semua wilayah di Indonesia. 

Baca juga: Ayah dan Ibu Presenter Cantik Ditemukan Tewas di Laut

Idrus menyebutkan, ada banyak bencana di Indonesia setiap tahunnya. Ada 2.163 bencana dengan 264 korban jiwa pada 2017. Sementara itu, telah ada 946 kali bencana dengan 101 korban hingga awal Mei 2018. Khusus di Yogyakarta, telah ada 32 bencana.

 

 

Kompas TV Sehari pasca letusan freatik Gunung Merapi lokasi wisata Kaliurang di kabupaten Sleman, Yogyakarta kembali dibuka.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com