Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Aman, Mensos Idrus Marham Dekati Puncak Merapi

Kompas.com - 12/05/2018, 19:46 WIB
Markus Yuwono,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Memastikan wilayah lereng Gunung Merapi aman, Menteri Sosial Idrus Marham mendatangi Bunker Kaliadem, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (12/5/2018) petang.

Bersama Bupati Sleman Sri Purnomo, Kapolres Sleman AKBP M Firman Lukmanul Hakim, dan sejumlah rombongan lainnya, mereka mengunjungi wilayah yang berjarak 4 km dari puncak Gunung Merapi.

Baca juga: Mensos Idrus Marham: Meski Tak Ada Bencana, Harus Siap Siaga

Mereka tampak asyik berjalan dan Mensos sempat berfoto bersama wisatawan.

"Sekali lagi, saya pastikan Yogya aman, Sleman aman. Secara psikologis, saya datang ini (ke Gunung Merapi), ingin menyampaikan (kondisinya) siap, aman," katanya.

Sebelum mengunjungi bunker, Mensos sempat memberikan bantuan dan juga mengapresiasi masyarakat Sleman yang cepat dan tanggap menghadapi bencana.

Baca juga: Mensos Idrus Marham Janji Cepat Tanggap Bencana Letusan Freatik Merapi

Peristiwa bencana seperti di Yogyakarta telah memunculkan kesadaran menanggapi bencana.

Salah satunya keberadaan Kampung Siaga Bencana di Desa Umbulharjo, yang langsung bergerak tanpa dikomando ketika menangani meletusnya Gunung Merapi.

"Kita harus siap. Dan apa-apa yang harus kita persiapan untuk kemungkinan terjadinya bencana. Manusia tugasnya usaha dan antisipasi. Tetapi pemerintah harus siap," tuturnya. 

Kompas TV Sehari pasca letusan freatik Gunung Merapi lokasi wisata Kaliurang di kabupaten Sleman, Yogyakarta kembali dibuka.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com