Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati: Siapa yang Kalah di Tempatnya, Saya Pecat Pemimpinnya

Kompas.com - 11/05/2018, 20:04 WIB
Labib Zamani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri mengancam akan memecat para pemimpin partai di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah apabila tidak berhasil memenangkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Taj Yasin di Pilkada Jateng 2018.

"Siapa yang tempatnya kalah, tak pecat (saya pecat) pemimpinnya, setuju," tutur Megawati di hadapan puluhan ribu kader dan simpatisan PDI-P dalam Apel Siaga PDI Perjuangan Jawa Tengah "Setia Megawati Setia NKRI" di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (11/5/2018).

Baca juga: Megawati: Jangan Tertipu dengan Mereka yang Cakep-cakep, tapi Tidak Bisa Kerja

Megawati mengingatkan para kader dan simpatisan partai untuk bekerja keras memenangi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Ganjar Pranowo-Taj Yasin pada 27 Juni 2018.

"Semua jangan tidur ya. Jaga masing-masing TPS (tempat pemungutan suara), ya. Sampai penghitungan akhir ya. Kalau sampai Pak Ganjar sama Pak Taj Yasin tidak menang, mau diapain," tanya Megawati sambil menunjuk para pemimpin partai yang duduk di kursi panggung utama apel siaga.

"(Para pemimpin partai) yang duduk di sini kalau sampai nanti enggak menang, tak pecat mereka," ucap dia.

Megawati mengajak para kader dan simpatisan PDI-P untuk bersama-sama memerahkan kembali Jawa Tengah di Pilkada Jateng 2018.

Baca juga: Prabowo: Saya Tersanjung, Merasa Dihormati, Hampir Tak Bisa Bicara

Untuk memenangkan paslon yang diusung tersebut, Megawati mengingatkan agar tetap menggunakan cara yang santun dan tidak menggunakan kekerasan.

"Saya telah merekomendasikan saudara Ganjar Pranowo untuk dijadikan kedua kali sebagai Gubernur Jateng dan wakilnya kali ini saya memilih seorang anak muda, Taj Yasin Zubair (putranya Mbah Maimun Zubair)," tutur Megawati.

Selain Megawati, apel siaga PDI-P Jawa Tengah turut dihadiri pasangan cagub dan cawagub Jateng Ganjar Pranowo-Taj Yasin, Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristiyanto, Ketua DPP Bidang Politik dan Keamanan PDI-P Puan Maharani dan seluruh Ketua DPC di 35 kabupaten/kota di Jateng.

 

Kompas TV Munculnya kaus dengan tagar 2019 ganti presiden ditangggapi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com