Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Desa Cadasmekar Purwakarta Bantah Ada Warganya Terkena Busung Lapar

Kompas.com - 11/05/2018, 18:04 WIB
Farid Assifa,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepala Desa Cadasmekar, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, Uci Sanusi membantah pemberitaan yang beredar tentang warganya yang terkena penyakit busung lapar.

Pemberitaan itu muncul menyusul kunjungan calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke desa tersebut, Jumat (11/5/2018).

Menurut Uci, pihaknya sudah memastikan hal tersebut. Jika pun terdapat kasus, secara institusi dia akan melaporkannya kepada dinas terkait di Purwakarta.

“Tidak ada warga kami yang menderita penyakit busung lapar. Itu kalau ada, biasanya keluarganya lapor dan kami meneruskannya kepada petugas kesehatan. Selama ini tidak ada,” kata Uci, dihubungi, Jumat (11/5/2018).

Baca juga: Ridwan Kamil Jenguk Hasanudin, Remaja Penderita Gizi Buruk di Purwakarta

Uci juga menjelaskan ihwal Hasanudin (18) yang disebut-sebut merupakan warga desa yang dia pimpin. Menurut dia, yang bersangkutan tidak terdaftar sebagai warga Desa Cadasmekar, Kecamatan Tegalwaru.

Dia menjelaskan pagi tadi sempat menerima laporan ada seseorang yang dibawa dengan menggunakan sepeda motor dari luar daerah. Adapun paman Hasanudin, Bayu Suryana (26), dijelaskan dia, menumpang di rumah warga di Desa Cadasmekar. 

“Saya sedang di RS Bayu Asih mengurus pasien stroke yang dibantu Kang Dedi Mulyadi. Ada warga saya memberikan info bahwa Hasanudin dibawa dari luar daerah dengan menggunakan motor. Saya cek Kartu Keluarga Pak Bayu juga memang tidak ada nama Hasanudin,” ujarnya.

Uci menambahkan, rumah tempat digelarnya kegiatan kampanye Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga bukan rumah milik paman Hasanudin. Rumah itu milik Susanti (26), istri dari Ibnu Faturrahman (27), salah seorang aktivis organisasi pendukung Ridwan Kamil.

Baca juga: Derita Gizi Buruk, Usia 18 Tahun Bobot Hasanudin hanya 20 Kilogram

“Pak Bayu juga kapasitasnya sebagai pengantar Hasanudin saja. Karena rumah itu milik Susanti dan Faturahman,” kata Uci.

Malam hari, Kamis (10/5/2018) Uci memastikan bahwa Hasanudin belum berada di rumah istri Bayu. Bahkan saat Jumat (11/5/2018) dia bertandang ke rumah tersebut, Hasanudin sudah tidak berada di rumahnya.

Artinya, keberadaan Hasanudin di rumah itu murni untuk kebutuhan kampanye calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Malam hari itu kan saya pulang dulu dari RS Bayu Asih. Ini belum ada, subuh saya berangkat ke RS lagi, siang ada Hasanudin. Lalu, sore ini sudah tidak ada lagi,” katanya.

Uci pun menjamin keluhan warga Desa Cadasmekar tentang pelayanan publik selalu diadvokasi olehnya selaku kepala desa. Jika terdapat beberapa keluhan sekaligus, dia sering mendelegasikannya kepada staf desa yang lain.

“Iya kami stand by untuk pelayanan warga. Untuk yang stroke itu pun saya nungguin di ruang perawatan karena harus dibantu masalah administrasi rumah sakitnya. Kalau saya repot, saya minta bantu staf. Insya Allah ter-cover semua,” pungkasnya.

Kompas TV Vania kekurangan gizi, lantaran ketidakmampuan orangtuanya untuk membeli susu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com