Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Lapas di Nusakambangan Disiapkan untuk Tampung Napi Teroris

Kompas.com - 10/05/2018, 15:21 WIB
Iqbal Fahmi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Dua lembaga pemasyarakatan (lapas) di Pulau Nusakambangan disiapkan untuk menampung narapidana pindahan dari Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Kapolres Cilacap Ajun Komisaris Besar Djoko Yulianto mengungkapkan, pihak lapas masih melakukan rapat internal untuk memilih dua dari tujuh lapas yang ada di Pulau Nusakambangan untuk menampung napi tersebut.

"Informasi yang kami dapat, ada dua lapas (disiapkan). Tapi soal kepastian lapas mana yang akan digunakan, pihak lapas masih melakukan rapat internal," katanya, saat ditemui Kompas.com di Dermaga Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (10/5/2018).

Terkait jumlah napi yang dipindah, Djoko juga belum bisa memastikan. Pihak kepolisian hanya memfokuskan operasi pengamanan pemindahan baik di jalur darat maupun laut.

Baca juga : 145 Napi Teroris Dipindahkan Karena Rutan di Mako Brimob Rusak

Sementara itu, untuk memastikan lancarnya proses pemindahan, personel gabungan dari Polres Cilacap dan Kodim 0703 Cilacap kembali ditambah.

Saat ini total ada 650 personel gabungan dengan peralatan lengkap yang disiagakan di sepanjang rute yang dilalui dan di sejumlah titik strategis lain.

"Di sepanjang rute nanti kita sterilkan, termasuk di Dermaga Wijayapura zona steril 200 meter," ujarnya.

Untuk rute penyeberangan laut, lanjut Djoko, Polisi akan mengerahkan dua unit kapal penjaga dari Satpolairud untuk mengawal Kapal Pengayoman milik Kemenkumham yang akan digunakan untuk mengangkut seluruh napi.

Baca juga : 145 Napi Terorisme di Nusakambangan Ditempatkan di Sel Terpisah

Rute laut yang akan digunakan, yakni antara Dermaga Wijayupara, Cilacap hingga Dermaga Sodong, Nusakambangan kurang lebih ditempuh dalam waktu 15 menit.

"Sementara fokus pengamanan hanya untuk operasi pemindahan, namun jika dibutuhkan, TNI-Polri siap menurunkan personel untuk membantu pengamanan di sekitar pulau bahkan dalam lapas," tegasnya.

Untuk diketahui, saat ini ada sekitar tujuh lapas yang masih beroperasi di sepanjang wilayah Pulau Nusakambangan. Ketujuh lapas itu yakni, Lapas Kelas 1 Batu, Lapas kelas 2A Besi, Lapas Kelas 2A Kembangkuning, Lapas Kelas 2A Pasir Putih, Lapas Kelas 2A Permisan, Lapas Kelas 2A Narkotik, Lapas Kelas 2B Terbuka.

Kompas TV Narapidana terorisme dari Rutan Cabang Salemba - Mako Brimob dipindahkan ke Nusakambangan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com