Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Peserta SBMPTN 2018 Melahirkan di Toilet Saat Ujian

Kompas.com - 09/05/2018, 06:48 WIB
Hendra Cipto,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com -  Seorang peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 menyebabkan kehebohan setelah melahirkan bayi laki-laki di dalam toilet di kampus Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (8/5/2018).

IF (18), asal Kabupaten Enrekang, melahirkan tanpa bantuan tenaga medis saat ribuan peserta sedang mengerjakan ujian.

Peristiwa ini awalnya diketahui setelah Suri (41), seorang petugas kebersihan kampus, menemukan bayi yang masih berlumuran darah di dalam toilet setelah mendengar suara tangisannya sekitar pukul 12.00 Wita.

"Saat membuka penutup bak air kloset ditemukan seorang bayi laki-laki yang masih terlilit dengan ari-ari dan masih berlumuran darah yang disimpan dalam bak air," ujar Suri seperti dikutip dari Tribunnews, Selasa.

Kepala Humas Unhas Ishaq Rahman mengatakan, sebelumnya, IF kedapatan oleh petugas SBMPTN tiga kali keluar masuk dalam toilet dengan kondisi meringis dan pucat. Saat itu, ujian di ruang Pusat Bahasa sudah berlangsung sekitar 30 menit.

"Dia ke toilet bolak-balik tiga kali. Yang ketiga kalinya tinggal agak lama, kurang lebih setengah jam," ujar Ishaq.

Setelah itu, petugas tidak memperbolehkannya kembali ke dalam ruangan saat SBMPTN masuk sesi kedua.

“IF yang kondisi meringis kesakitan dan wajahnya pucat, petugas SBMPTN pun tidak membiarkan masuk ke dalam ruang ujian. Apalagi pada pakaian IF terdapat bercak darah dan dalam kondisi basah. Karena petugas lebih mengutamakan keselamatan dan kesehatan peserta SBMPTN. IF pun dianjurkan diperiksa kesehatannya oleh tim medis yang telah disediakan,” katanya.

Bayi tersebut langsung dilarikan ke RS Unhas untuk mendapatkan pertolongan tim medis. Demikian pula sang ibu.

“Saat bayi laki-laki seberat 1,4 kg dan IF diperiksa kesehatannya di ruangan IGD yang sama, barulah tim medis mendapat kepastian. IF mengakui bahwa bayi tersebut adalah anaknya yang baru dilahirkan dalam toilet,” ungkapnya.

Kanit Reskrim Polsek Tamalanrea AKP Muh Warpa membenarkan penemuan bayi laki-laki di tabung kloset di toilet kampus Unhas.

"Benar telah ditemukan seorang bayi jenis laki laki yang bersimbah darah baru dilahirkan," kata Warpa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com