Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Ipul Bertanya Tentang Investasi, Khofifah Tentang "Pak Kardiman"

Kompas.com - 09/05/2018, 01:20 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Moderator memberikan kesempatan kepada kedua calon gubernur untuk saling bertanya di debat kedua Pilkada Jatim, Selasa (8/5/2018) malam.

Dalam kesempatan itu, cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bertanya kepada Khofifah Indar Parawansa tentang investasi, sementara Khofifah, bertanya kepada Gus Ipul tentang "Pak Kardiman" atau Peluang Kerja Di Mana Mana.

Pak Kardiman adalah salah satu program yang diusung pasangan Gus Ipul - Puti Soekarno di Pilkada Jatim. Khofifah menanyakan akurasi data yang dipakai Gus Ipul dalam program tersebut yakni akan membuka 750 ribu lapangan kerja setiap tahunnya.

"Sementara berdasarkan data BPS, pengangguran di Jatim 827 ribu. Harusnya bisa selesai setahun, lalu kenapa sampai setiap tahun," kata Khofifah.

Baca juga : Gus Ipul Unggul di Media Online, Khofifah Unggul di Medsos

Menanggapi pertanyaan Khofifah, Gus Ipul mengatakan, 750 ribu lapangan kerja itu bukan hanya di sektor formal, namun juga informal. "Pemuda tidak hanya kami cetak untuk mencari kerja, namun juga menciptakan lapangan kerja," kata Gus Ipul.

Keduanya juga sempat berdebat soal angka pengangguran di Jawa Timur, Gus Ipul mengacu pada data Badan Penanaman Modal, sementara Khofifah mengacu pada Badan Pusat Statistik.

Debat terbuka kedua digelar di Dyandra Convention Hall Surabaya di Jalan Basuki Rahmat Surabaya. Bertindak sebagai pemandu debat, jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono yang akan berduet dengan presenter Metro TV, Aviani Malik.

Dalam debat kedua yang mengusung tema ekonomi dan pembangunan, pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarno dan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elistyanto Dardak akan mengupas habis misi mereka dalam urusan kebijakan bidang pertanian perkebunan dan perikanan, mikro usaha menengah dan koperasi, penanaman modal dan investasi, infratruktur dan prasarana wilayah, pembangunan wilayah daerah kepulauan dan daerah terpencil, kemaritiman, serta tata ruang wilayah. 

Kompas TV Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Rabu (25/4) siang menghadiri pengajian Isra Mi'raj yang digelar oleh warga desa di Sidoarjo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com