Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hiu Paus Muncul Kembali di Pantai Botutonuo Bone Bolango

Kompas.com - 07/05/2018, 12:08 WIB
Rosyid A Azhar ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com – Hius paus atau whale shark (Rhincodon typus), sang penjelajah samudera muncul kembali di pantai Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Munculnya hiu paus ini menjadi daya tarik wistawan domestik maupun mancanegara.

Hiu paus muncul lagi di sejak 2 hari lalu, setidaknya ada 2 dengan ukuran yang berbeda,” kata Donald Wahani, penyelam Gorontalo, Senin (7/5/2018).

Masyarakat sekitar dan pemandu wisata kontan menyambut munculnya hiu paus ini. Mereka kembali bergairah setelah sekian lama tak melihat satwa ini.

“Tadi pagi pengunjung mulai berdatangan, kemarin dan hari ini sudah ada grup diving dari Jakarta yang berinteraksi dengan hiu paus ini,” ujar Donald Wahani.

Sejumlah operator selam sampai saat ini masih menggantungkan pada stok kulit udang yang dimiliki pabrik pengolahan ikan yang berada tepat di bibir pantai. Limbah ini yang dijadikan sarana pemanggil hiu paus untuk mendekat.

Baca juga : 3 Ekor Hiu Paus Mati Terdampar di Manggarai Barat

Wisatawan mancanegara tidak ketinggalan, setidaknya terdapat 4 orang yang hari ini menyelam bersama whale shark ini.

Namun para pemandi wisata dan masyarakat mengkhawatirkan hiu raksasa jinak ini tidak bertahan lama, karena persediaan makanan kulit udang sudah menipis. Biasanya, makanan ini yang mereka sajikan saat berinteraksi.

Baca juga : Sempat Jadi Tontonan Warga, Hiu Paus Akhirnya Kembali ke Laut Lepas

Hius paus sebenarnya hanya makan plankton dengan cara mengisap dan menyaringnya. Ia termasuk hewan pengembara yang menjelajah samudera.

Kompas TV Berenang dengan Hiu Paus di Kepulauan Derawan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com