Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CN-235 MPA, Pesawat Intai Canggih Buatan Anak Negeri, Tambah Kekuatan Alutsista Skadron 5 Hasanuddin

Kompas.com - 05/05/2018, 10:59 WIB
Chermanto Tjaombah,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

MAROS, KOMPAS.com - Satu unit pesawat CN-235 Tipe MPA (Maritim Patrol Aircraft) buatan PT Dirgantara Indonesia diserah terimakan di hanggar Skadron 5 Lanud Hasanuddin Makassar yang bermarkas di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (4/5/2018).

Proses serah terima yang ditandai dengan aksi terbang rendah CN-235 menyambar di atas Apron Galaktika.

Dengan menggunakan dua armada pemadam kebakaran, semburan air dari arah berlawanan menyambut kedatangan pesawat intai berteknologi canggih CN-235 MPA yang memiliki kemampuan terbang rendah hingga ketinggian 1000 feet

Baca juga: Pesawat CN-235 Pesanan Kedua untuk Senegal Telah Tiba di Dakar

Iwan Krisnanto yang mewakili PT Dirgantara Indonesia menjelaskan, pesawat pabrikan dalam negeri ini telah dilengkapi sistem komputer yang diintegrasikan dengan sistem sensor hingga memiliki kemampuan menangkap rute dan pancaran frekuensi.

Masih menurut Iwan, pesawat ini juga memiliki kemampuan radar untuk dapat menjangkau antara 100 hingga 200 Notical Mile ditambah dengan kemampuan kamera beresolusi tinggi hingga dapat memaksimalkan proses patroli di wilayah NKRI.

Baca juga: Belgia Beli Satu Lagi Pesawat CN-235 Buatan PT Dirgantara Indonesia

“Kedepannya pesawat jenis CN-235 ini akan dibekali roket, sehingga selain melakukan patroli, juga langsung dapat melakukan penindakan,” ungkap Iwan saat memberikan keterangan pers, di Skadron 5 Hasanuddin, Jumat.

Hingga saat ini, PT Dirgantara indonesia telah membuat 18 unit pesawat yang saat ini telah digunakan oleh Turki sebanyak 9 pesawat, 4 pesawat untuk Korea dan selebihnya digunakan TNI baik Angkatan Udara mauapun Angkatan Laut.

Kompas TV Hari terakhir gelaran Bandung Air Show 2017 dipadati pengunjung. Atraksi aerobatik pesawat menjadi salah satu yang ditunggu pengunjung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com