Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Anak Penjaga WC Umum Raih Nilai Tertinggi UNBK Se-Jawa Timur

Kompas.com - 05/05/2018, 06:45 WIB
Caroline Damanik

Editor

JOMBANG, KOMPAS.com — Namanya Fera Febiyanti (17). Siswi SMKN Mojoagung, Jombang, ini meraih nilai tertinggi dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) se-Jawa Timur untuk tingkat SMK.

Pertama kali mengetahui bahwa dia adalah peraih nilai tertinggi di tingkat SMK seprovinsi. Fera setengah tidak percaya.

Itu terjadi karena dirinya merasa ada soal matematika yang tidak terlalu yakin dijawabnya dengan benar. Namun, ketika pihak sekolah meyakinkan dirinya mendapat nilai tertinggi, Fera langsung sujud syukur.

Setelah diumumkan mendapatkan nilai 380 yang merupakan nilai tertinggi SMK se-Jawa Timur, Fera yang sempat datang ke sekolah langsung disalami dan diberikan selamat oleh para guru.

"Tentu senang dan bahagia karena mendapat nilai tertinggi," kata Fera saat ditemui di rumah orangtuanya Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jumat (4/5/2018).

Baca juga: Kisah Huang Hua, Mantan Rival Susi Susanti dari China yang Memutuskan Jadi WNI (2)

Fera mengaku, tidak ada resep khusus yang diterapkannya sehingga meraih nilai tertinggi. Dia mengaku hanya punya resep "klasik", yakni tekun dan giat belajar.

"Saya hanya rutin belajar setiap hari. Tak terkecuali hari libur, saya tetap belajar," tutur Fera.

Fera mengaku menjadwal waktu belajarnya minimal selama dua jam setiap hari. Biasanya, itu dilakukannya usai pulang sekolah dan malam sebelum berangkat tidur.

Yang juga membantu menopang prestasinya adalah hobi yang ditekuni sejak kecil, yakni membaca.

"Dengan membaca, saya merasa pengetahuan terus bertambah. Saya tidak pernah bosan membaca," kata Fera.

Putri penjaga WC umum

Fera datang dari keluarga yang secara ekonomi pas-pasan. Ayahnya, Carwis (40), setiap hari bekerja sebagai penjaga ponten atau WC umum di pasar tradisional dekat rumahnya.

Carwis mengaku tidak ada yang istimewa dari mereka dalam mendidik anaknya. Namun, karena sadar dengan kehidupan ekonomi yang pas-pasan, sang ayah kerap memotivasi anaknya untuk tekun belajar dan juga rajin beribadah.

"Yang agak membedakan barangkali, saya juga menekankan kepada anak untuk disiplin dengan waktu, menghargai waktu. Saya minta dia memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mendukung pendidikan dan masa depannya," ungkap Carwis.

Baca juga: Kisah Desy Wanita Berhijab Penolong Anjing Liar, "Rezeki Allah yang Atur" (2)

Kini Fera sudah dinyatakan diterima di perguruan tinggi negeri di Malang melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Fera mengaku siap melanjutkan studi ke jenjang Strata Satu, dan berusaha kembali mengukir prestasi. Dia tidak ingin mengecewakan orangtuanya, yang bersusah-payah mencari biaya sekolahnya.

"Meski orangtua saya hanya bekerja sebagai penjaga ponten, tapi saya tetap bangga. Saya juga berupaya tidak minder, bahkan memacu semangat saya agar tidak kalah dengan yang lain," tutur Fera.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Anak Penjaga WC Umum di Jombang Raih Nilai UNBK SMK Terbaik se-Jawa Timur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com