Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersihkan Lemari Almarhum Ayahnya, Krismas Temukan Granat Aktif dan Amunisi

Kompas.com - 04/05/2018, 18:03 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Warga Jalan Markisa V Nggulon, RT 004/ RW 009, Kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Krismas Irmono (52), menemukan granat dan amunisi di lemari kamar almarhum ayahnya, PC Soemarno Broto Koesoemo, yang merupakan pensiunan TNI AL.

"Pas saya bersih-bersih di almarinya bapak itu ada granat dan amunisi masih terbungkus tas kecil," kata Krismas di Solo, Jawa Tengah, Jumat ( 4/5/2018).

Krismas mengatakan, ayahnya baru sepekan meninggal dunia. Untuk memperingati 40 hari kematian ayahnya itu, keluarga membersihkan kamar milik almarhum.

Namun tak disangka pada saat membuka lemari kamar almarhum, ia menemukan sebuah granat nanas yang diduga masih aktif dan 13 buah amunisi. Granat dan amunisi tersebut kemudian ia pindahkan ke meja.

"Takutnya nanti kenapa-kenapa, hari ini tadi saya menghubungi pihak kepolisian," terang dia.

Kapolsek Laweyan, Kompol Santoso mengatakan, pukul 10.00 WIB ia menerima laporan dari anggotanya terkait penemuan granat nanas dan belasan amunisi di rumah warga.

Baca juga : Granat dan Amunisi Ditemukan Warga di Antara Tumpukan Bahan Bangunan

 

Saat diperiksa, granat nanas tersebut masih aktif dan di dekatnya terdapat amunisi.

Granat tersebut berada di dalam tas warna hijau. Sedangkan amunisi disimpan di dalam satu buah bungkus rokok warna biru. Amunisi tersebut terdiri dari peluru untuk pistol kaliber 45 mm sebanyak 5 butir, peluru pistol CIS 7 butir, dan peluru untuk senapan mauser/LA cal 7,62 mm sebanyak 1 butir.

"Saksi sudah menemukan barang tersebut beberapa waktu yang lalu, namun dikarenakan tidak tahu harus melapor ke mana, maka baru dilaporkan hari ini ke Polresta Surakarta," jelas Kapolsek.

Baca juga : Petani di Aceh Timur Temukan Granat

Barang bukti tersebut saat ini telah ditangani Tim Jibom Gegana Sat Brimob Detasemen C Pelopor dan dibawa ke Polsek Laweyan. Rencananya granat jenis nanas tersebut akan dimusnahkan.

Kompas TV Warga menemukan granat aktif ini dalam sebuah karung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com