Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Gantung Diri, Kasman Tulis Surat Wasiat untuk Orangtuanya

Kompas.com - 04/05/2018, 13:06 WIB
Markus Makur,
Reni Susanti

Tim Redaksi

RUTENG,KOMPAS.com - Sebelum meninggal gantung diri, Florianus Kasman (21), menuliskan surat wasiat untuk orangtuanya. Surat tersebut bertuliskan: "Untuk Mama dan Papa Tersayang".

Surat itu ditemukan di tas korban. Dalam suratnya, Kasman menceritakan bahwa rambutnya rontok dan susah tumbuh kembali. Ia sudah berupaya berobat ke dokter, namun tak ada perubahan. 

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Manggarai, Ipda Daniel Djihu mengatakan, Florianus ditemukan meninggal gantung diri di rumah saudaranya di Kecamatan Langke Rebong, Manggarai. 

"Dari keterangan saudaranya, Damianus Parut, sejak tahun 2013 sampai sekarang korban tinggal serumah dengannya," ujar Djigu kepada Kompas.com, Jumat (4/5/2018). 

Baca juga : Ditinggal Tunangan, Alasan Mahasiswa Gantung Diri Sambil Video Call Mantan Pacarnya

Selama itu, korban tidak pernah mengeluah apapun. Namun beberapa hari terakhir, korban tidak keluar dari rumah dan hanya tidur sepanjang hari.

Djihu menjelaskan, Kamis (3/5/2018) sekitar pukul 20.00 Wita setelah makan malam, korban istirahat sambil menonton televisi.

 

Kemudian keesokan paginya, Jumat (4/5/2018) sekitar pukul 07.00 Wita, saksi Damianus kaget. Ia mendapati korban sudah tergantung di teras rumah miliknya. 

Damianus, sambung Djihu, kemudian berteriak dan membangunkan orang seisi rumah. Tetangga yang mendengar jeritan saksi langsung berlarian ke rumah tersebut. 

Baca juga : Mahasiswa Ini Gantung Diri Sambil Video Call Mantan Pacarnya

Polisi pun langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Setelah itu, jenazah dibawa ke rumah sakit untuk visum et repertum.

Petugas RSUD Ruteng dr Aurelia Maria Liliweri menyimpulkan, korban meninggal dunia karena gantung diri. Korban diperkirakan meninggal sekitar 3-4 jam sebelum visum.

Djihu menjelaskan, rencananya, jenazah korban akan dibawa ke Kampung Redong, Desa Benteng Tubi, Kecamatan Rahong Utar, Kabupaten Manggarai.

"Diduga penyebab gantung diri karena rambut korban yang rontok tak kunjung sembuh serta memikirkan saudaranya yang sakit berat di Kalimantan," pungkasnya. 

Kompas TV Seorang warga binaan rumah tahanan negeri di Kabupaten Bangli, Bali, ditemukan tewas gantung diri di kebun warga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com