Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitudo 4,3 Guncang Wilayah Pati dan Jepara

Kompas.com - 03/05/2018, 15:45 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JEPARA, KOMPAS.comGempa bermagnitudo 4,3 mengguncang wilayah Kabupaten Pati dan Kabupaten Jepara di Jawa Tengah pada Kamis (3/5/2018) pagi sekitar pukul 05.47 WIB.

Salah satu warga Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara, Abdul (43), mengaku merasakan getaran gempa saat berada di dalam rumah. Abdul dan keluarganya yang panik kemudian langsung berlarian ke luar rumah.

"Cuma hitungan detik. Kami panik karena rumah di kawasan pesisir dekat pantai. Untungnya tidak ada apa-apa," ujar Abdul yang berprofesi sebagai nelayan ini.

Kepala BPBD Kabupaten Jepara Arwin Nor Isdiyanto menyampaikan kepada Kompas.com bahwa getaran gempa dirasakan oleh warga yang tinggal di kawasan pesisir. Mulai dari Kecamatan Jepara, Pakis Aji, Donorejo, Keling, Bangsri, Kembang dan Mlonggo.

Baca juga : Gempa Tektonik Bermagnitudo 3,3 Guncang Gunung Salak Bogor

"Gempa yang dirasakan sekitar 5 detik. Hasil koordinasi kami dengan para camat tidak ada kerusakan-kerusakan maupun korban," kata Arwin.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Pati Sanusi membenarkan bahwa guncangan gempa terasa di wilayah Pati. Getaran gempa, sambung dia, paling kuat dirasakan oleh warga di Kecamatan Dukuhseti.

"Data sampai saat ini belum ada dampak buruk yang terjadi akibat guncangan gempa," kata Sanusi.

Diketahui gempa berada di titik 6,42 Lintang Selatan, 111,07 Bujur Timur atau 36 kilometer Timur Laut Kabupaten Pati.

Baca juga : Gempa Bermagnitudo 5,8 Guncang Bali, Tak Berpotensi Tsunami

 

Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Klimatologi Semarang melalui akun @bmkg_semarang kedalaman gempa 12 kilometer dirasakan di wilayah Pati dan Jepara.

Kompas TV Geladi dilakukan dalam rangka memperingati hari kesiapan bencana.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com