Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Hardiknas, Seorang Polwan Pingsan Terinjak-injak Mahasiswa

Kompas.com - 02/05/2018, 12:53 WIB
Hendra Cipto,
Reni Susanti

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Aksi demonstrasi berbagai elemen mahasiswa dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diwarnai kericuhan.

Aksi yang digelar di bawah jalan layang (flyover) Makassar, Rabu (2/5/2018) itu membuat seorang Polisi Wanita (Polwan) tidak sadarkan diri setelah terinjak-injak mahasiswa. 

Kericuhan terjadi ketika mahasiswa yang baru datang di bawah flyover Makassar hendak membakar ban bekas di tengah jalan pertempatan Jl AP Pettarani-Jl Urip Sumoharjo-Jl Tol Reformasi.

Polisi kemudian berusaha melerai dengan merebut ban yang hendak dibakar. Tarik menarik antara mahasiswa dengan aparat kepolisian terjadi.

Baca juga : Demo Buruh di Simpang Tiga UIN Ricuh, Polisi Tetapkan 3 Tersangka

 

Namun, ban tersebut mengenai wajah seorang Polwan hingga terjatuh. Polwan tersebut kemudian terinjak-injak oleh kerumunan mahasiswa dan polisi yang terlibat kericuhan hingga tak sadarkan diri.

Aparat kepolisian lalu mengambil tindakan tegas dan mengamankan 4 mahasiswa yang diduga sebagai provokator. Mahasiswa yang diamankan lalu dibawa ke pos Polantas dekat flyover Makassar.

Sedangkan Polwan yang pingsan dibawa masuk ke dalam mobil ambulance Biddokkes Polda Sulsel untuk mendapatkan pertolongan tim medis.

"Seorang Polwan pingsan karena terinjak-injak mahasiswa," ujar Wakil Kepala Polrestabes Makassar, AKBP Hotman Sirait.

Baca juga : Demo Ricuh, Mahasiswa Hamburkan Pupuk Palsu di Kantor Gubernur Sulbar

Akibat kericuhan ini, polisi mengamankan 4 mahasiswa. Mereka akan dites urine untuk mengetahui mahasiswa tersebut menggunakan narkoba atau tidak. 

“Ada 4 mahasiswa yang kita amankan diduga sebagai provokator pembakaran ban bekas. 4 mahasiswa yang diamankan langsung kita periksa urinenya, jangan sampai terindikasi menggunakan narkoba atau tidak,” pungkasnya.

Kompas TV Kericuhan terjadi dalam unjuk rasa memperingati hari buruh internasional, Selasa (1/5).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com