Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Lion Air yang Tergelincir di Gorontalo Berhasil Dievakuasi

Kompas.com - 02/05/2018, 06:22 WIB
Rosyid A Azhar ,
Reni Susanti

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com – Badan pesawat Lion Air yang tergelincir di Bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo berhasil dievakuasi, Rabu (2/5/2018) pukul 00.37 Wita. 

 

Secara perlahan-lahan, roda pesawat yang terbenam dalam shoulder berhasil dinaikkan ke landas pacu setelah beberapa kali upaya evakuasi gagal. 

Evakuasi dilakukan para teknisi dari bagian perawatan Lion Air, Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadaman Kebakaran (PKPPK) Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Djalaluddin Tantu Gorontalo. 

Alhamdulillah pukul 00.37 Wita pesawat Lion Air berhasil dievakuasi,” kata Jamal Nganro, Kepala Dinas  Perhubungan Provinsi Gorontalo.

Baca juga : Petugas Belum Berhasil Menarik Badan Pesawat Lion Air Yang Tergelincir

Power AS, Kepala Bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo mengatakan, pesawat Lion Air tergelincir tiga hari lalu. Proses evakuasi terutama penarikan pesawat cukup sulit dilakukan.

Roda kanan dan kiri pesawat yang terbenam dalam tanah membuat tim gabungan kesulitan untuk menarik ke landas pacu. Pada upaya berikut, kedua roda sudah bisa bergerak namun tiba-tiba roda sebelah kiri terbenam lagi sehingga badan pesawat tidak bisa bergerak.

“Akhirnya proses ketiga berhasil menarik badan pesawat setelah tim gabungan secara cermat memperhitungkan berbagai faktor,” ungkap Power AS.

Berita sebelumnya, pesawat Lion Air dari Makassar yang membawa 174 penumpang dan 7 awak ini tergelincir saat mendarat di Bandara Gorontalo.

Kompas TV Akibat tergelincirnya pesawat maskapai penerbangan Lion Air, Bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo ditutup selama 3 hari ke depan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com