Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Hari Buruh di Yogyakarta Ricuh, Massa Lempar Molotov ke Pos Polisi

Kompas.com - 01/05/2018, 18:44 WIB
Wijaya Kusuma,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Aksi demo yang terjadi di jalan Jogja-Solo tepatnya di pertigaan depan Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta berakhir ricuh.

Massa awalnya mengelar aksi dengan berorasi di pertigaan jalan Jogja-Solo tepatnya di depan Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta. Masa mengelar aksi untuk menolak pembangunan Bandara NYIA di Kulonprogo.

Dari pengamatan Kompas.com, Selasa (1/5/2018), massa memblokir jalan. Akibatnya jalan Jogja-Solo tepatnya dipertigaan UIN harus di tutup oleh pihak kepolisian. Massa juga melakukan aksi bakar ban di tengah jalan.

Meski memperingati Hari Buruh, massa juga menyinggung soal pembangunan bandara baru di Kulonprogo.

Selain berorasi dan memblokir jalan, masa aksi juga sempat melemparkan molotov ke pos polisi lalu lintas yang ada di pertigaan UIN. Akibatnya bagian dalam pos Polisi Lalulintas mengalami kerusakan.

Kericuhan terjadi ketika salah satu orang kembali melemparkan molotov ke dalam pos, namun pecahan botol hampir mengenai salah satu warga yang menonton aksi demonstrasi. Warga yang geram langsung mengejar masa aksi dan terjadi aksi saling lempar batu.

Masa aksi yang terdesak lalu berlari masuk kedalam kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.

Warga pun turut mengejar hingga kedalam kampus. Tampak beberapa orang masa aksi yang diamankan oleh pihak kepolisian.

Sementara itu Dwi salah satu warga mengaku geram karena masa aksi yang demo memblokir jalan utama hingga menyebabkan kemacetan. Selain itu aksi juga membakar pos polisi dengan melempar molotov sampai ada yang hampir terkena pecahan botol molotov.

"Aksi tapi merugikan masyarakat jalan jadi macet, terus pakai membakar pos polisi, sampai ada warga yang hampir kena pecahan kaca molotov. Kalau aksinya tertip dan tidak merugikan masyarakat, kami tidak masalah," urainya.

Dari pengamatan kompas.com di lokasi, pukul 17. 34 Wib arus lalu lintas di pertigaan UIN sudah dibuka. (K75-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com