Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Ujung Kulon, Badak Jawa Bercula Satu Bernama Samson Ditemukan Mati

Kompas.com - 27/04/2018, 11:40 WIB
Erwin Hutapea

Editor


LAMPUNG, KOMPAS.com - Petugas Balai Taman Nasional Ujung Kulon menemukan seekor badak jawa mati di Pantai Karang Ranjang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Senin (23/4/2018) pagi.

Saat ditemukan, badak bercula satu itu dalam keadaan utuh.

"Masih utuh, bercula, dan lengkap," kata Direktur Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wiratno dalam keterangan tertulis pada Kamis (26/4/2018).

Identifikasi terhadap badak tersebut kemudian dilakukan dan ditemukan satu tanda yang menjadi petunjuk utama, yaitu sobekan di telinga kiri. 

Petugas pun berhasil memperoleh nama badak itu, yakni Samson. Hal itu diketahui setelah dicocokkan dengan database yang dimiliki terkait dengan badak jawa. 

Diperkirakan umurnya sekitar 30 tahun.

Baca juga: 4 Nama Badak Baru di TN Ujung Kulon dan Cerita di Baliknya

Untuk mengetahui penyebab kematian Samson, petugas Balai Taman Nasional bersama tim dokter hewan patologi Institut Pertanian Bogor dan WWF Ujung Kulon melakukan otopsi.

Diperoleh hasil bahwa kematian badak Samson diduga karena sakit. Pada tubuhnya juga tidak ditemukan tanda kekerasan atau akibat perburuan.

"Tidak ditemukan ada luka akibat perburuan dalam pemeriksaan awal. Selanjutnya, tim gabungan juga melakukan nekropsi dan pengambilan sampel usus, otot jantung, dan hati. Berdasarkan hasil nekropsi, diperkirakan waktu kematian badak lebih kurang tiga hari," ucap Wiratno.

Namun, tim gabungan belum bisa memastikan mengenai penyakit yang menyebabkan kematian Samson.

Wiratno menyatakan, sesuai hasil nekropsi, tidak ada tanda-tanda penyakit infeksi dengan patogen yang bersifat akut. 

Kemudian, petugas mendokumentasikan jasad Samson dan memindahkannya supaya tidak terbawa arus, serta menyelamatkan culanya.

Baca juga: PR Besar Masyarakat Indonesia untuk Kelangsungan Hidup Badak Jawa

Artikel ini telah tayang di Tribunlampung.co.id dengan judul Samson, Badak Jawa Bercula Satu yang Ditemukan Mati di Ujung Kulon pada Kamis (26/4/2018).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com