Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Desain Masjid Polda Bangka Belitung Karya Ridwan Kamil

Kompas.com - 25/04/2018, 19:31 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Masjid At-Taqwa yang berlokasi di lingkungan Polda Bangka Belitung diresmikan, Rabu (25/4/2018). Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Ketua MUI Pusat KH Ma'ruf Amin hadir dalam acara tersebut.

Masjid tersebut dirancang bangun oleh Ridwan Kamil bersama firma arsitek asal Bandung, Urbane.

Secara bentuk, desain masjid tersebut sangat unik. Barisan pilar silinder membalut bangunan masjid di lahan 625 meter persegi. Masjid itu mampu menampung sekitar 1.000 jemaah.

"Bentuk barisan pilar silinder dimaksudkan sebagai manifestasi bentuk kesatuan umat Islam yang harus saling berpegang teguh dalam ikatan silaturahmi," tutur Ridwan saat ditemui di kampus Universitas Padjadjaran, Jalan Dipatiukur, Rabu (25/4/2018).

(Baca juga : Penyesalan Ridwan Kamil yang Berbuah Masjid )

Struktur bangunan masjid juga didesain dengan mengoptimalkan pencahayaan dan penghawaan udara alami.

"Menyesuaikan dengan kondisi cuaca dan suhu udara di sekitar lokasi masjid, maka desain masjid dibuat agar cahaya dan sirkulasi udara bisa terdistribusi secara leluasa," ungkap Emil, sapaan akrabnya.

Selain itu, skala dan masjid dibuat tinggi dengan tujuan suasana khusyuk lebih terasa ketika shalat dan agar sirkulasi udara lebih bisa bertukar lebih optimal.

Lanskap masjid dibuat bersatu dengan ruang terbuka hijau (RTH) "Bhay Park" yang dibangun Polda Babel. Nantinya RTH itu digunakan untuk kegiatan dan aktivitas sosial masyarakat Bangka Belitung.

(Baca juga : Ridwan Kamil Bakal Desain Masjid di Palestina )

Ridwan mengaku sempat diundang untuk hadir dalam peresmian itu. Namun, ia berhalangan hadir lantaran sedang mengikuti debat publik di Unpad.

"Harusnya saya dateng karena ada Pak Kapolri. Tapi saya ada debat di Unpad jadi saya tadi kirim video," tuturnya.

"Mudah-mudahan polisi di sana bisa bertugas membela negara dengan keseimbangan lahir batin dunia akhirat. Ini desain kedua saya di lingkungan polisi setelah Polda Jabar," jelasnya. 

Kompas TV Ridwan Kamil berkampanye mengajak warga untuk terus menggali dan mengangkat potensi wisata daerah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com