Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Masuk 50 Pemimpin Terbaik Dunia Versi Majalah Fortune

Kompas.com - 20/04/2018, 20:09 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung nonaktif, Ridwan Kamil terpilih sebagai 50 pemimpin terbaik versi Majalah Fortune. Dari sederet tokoh dunia berpengaruh, Ridwan Kamil berada di posisi 48.

Dalam tulisan editorialnya, Majalah Fortune menilai Ridwan Kamil yang terpilih sebagai Wali Kota Bandung pada 2013, membawa perubahan signifikan bagi Kota Bandung.

Ridwan yang berlatar belakang sebagai arsitek, menggunakan teknologi dengan melahirkan sedikitnya 400 aplikasi untuk meretas beragam persoalan kota yang berpopulasi 2,7 juta penduduk.

Masih dalam tulisannya, salah satu inovasi yang banyak menyita perhatian dunia adalah kehadiran kantor pusat kendali Bandung Command Center (BCC).

 

(Baca juga : Blusukan ke Bekasi, Ridwan Kamil Tawarkan Solusi untuk Sampah Bantar Gebang)

Ruangan yang memiliki aneka peralatan canggih itu didesain sebagai 'mata' bagi pemerintah Kota Bandung untuk mengawasi berbagai hal.

Menanggapi hal itu, Ridwan mengaku tak menyangka dapat apresiasi dunia internasional.

Apalagi dalam daftar tersebut tercatat nama-nama tokoh penting dunia seperti pendiri yayasan kemanusian Bill and Melinda Gates Foundation, pemandu acara TV Oprah Winfrey, hingga Presiden Perancis Emmanuel Macron.

"Saya tidak mengira terpilih menjadi 50 pemimpin dunia tahun 2018. Alhamdulillah, ini tentu menjadi kebanggaan dan kebahagian bagi saya dan seluruh warga Kota Bandung," ungkap Ridwan, Jumat (20/4/2018).

Menurut Ridwan, apresiasi itu menunjukkan perhatian media internasional terhadap beragam upayanya dalam memperbaiki kota kelahirannya.

"Sebenarnya, tugas utama pemimpin kota adalah memastikan pelayanan kepada warga dapat diberikan secara cepat dan efisien. Alhamdulillah, ternyata berbagai terobosan yang dilakukan, bermanfaat untuk warga Kota Bandung," ungkapnya.

(Baca juga : Elektabilitas Ridwan Kamil-Uu Turun di Survei Indo Barometer, Apa Sebabnya? )

Pencapaian ini, sambung Ridwan, tentu menjadi kebanggan tersendiri dan patut disyukuri, serta menjadi dorongan untuk berkarya dan mengabdi lebih baik lagi.

"Ini juga mudah-mudahan menjadi salah satu modal dan penambah semangat. Terlebih saat ini, saya sedang berikhtiar untuk memperluas pengabdian dengan berpartisipasi dalam Pilgub Jawa Barat tahun 2018," pungkasnya. 

Kompas TV Ridwan Kamil berkampanye mengajak warga untuk terus menggali dan mengangkat potensi wisata daerah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com