Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halmahera Barat Diguncang Gempa Magnitudo 6,0

Kompas.com - 16/04/2018, 07:19 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TERNATE, KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 6,0 mengguncang Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Senin (16/4/2018) dini hari pukul 04.30 WIT.

Kepala BMKG Kota Ternate, Kustoro Hariyatmoko mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa pusat gempa berada di koordinat 1,36 LU dan 126,86 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 80 km arah Barat Laut Kabupaten Halmahera Barat dengan kedalaman 53 kilometer.

Getaran gempa dirasakan di daerah Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, pada skala II SIG-BMKG (III - IV MMI), Tondano dan Tidore pada skala II SIG-BMKG (III MMI).

“Hal ini sesuai dengan laporan dari masyarakat bahwa gempa bumi ini dirasakan di Ternate, Halmahera Barat II SIG-BMKG (III-IV MMI) dan Bitung I-II SIG BMKG (II-III MMI). Hasil pemodelan tsunami yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,” kata Kustoro.

Baca juga : Gempa Magnitudo 6,9 Guncang Maluku

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi diduga akibat adanya pergeseran pada lempeng laut Maluku. Berdasarkan analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu aktivitas sesar mendatar (strike slip).

“Hingga pukul 05.00 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Kustoro lagi.

Baca juga : Cerita Warga Kaget karena Gempa Lebak Saat Sedang Shalat Maghrib

Kompas TV Bencana alam di Indonesia berpengaruh terhadap laju perekonomian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com