Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Mudik Lintas Selatan Jawa Kurang Penerangan dan Rambu

Kompas.com - 12/04/2018, 06:08 WIB
Ari Maulana Karang,
Reni Susanti

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Rabu (11/4/2018), meninjau jalur mudik di selatan Pulau Jawa ruas Nagreg-Limbangan hingga Malangbong. Hasilnya, masih ada kekurangan penerangan dan rambu lalulintas.

"Masih ditemui kekurangan rambu-rambu dan sarana penerangan di sejumlah titik sehingga menimbulkan kerawanan. Tapi masih ada waktu satu bulan lebih untuk melengkapinya," katanya di Pos Pengamanan Mudik Polres Garut di Jalan Raya Limbangan-Nagreg.

Pihaknya akan mengirimkan surat resmi ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan untuk menambah penerangan jalan umum serta rambu lalulintas. Sehingga saat arus mudik nanti semua sudah siap.

Agung menuturkan, jalur selatan khususnya antara Nagreg-Malangbong, setiap tahunnya selalu dipadati kendaraan. Karakteristik jalannya pun rawan karena berliku dan banyak tanjakan serta turunan tajam.

(Baca juga : Tahun Ini, Jalur Mudik Difokuskan ke Pantai Selatan Jawa )

Namun secara umum, jalur mudik di jalur selatan sudah cukup baik, terutama kondisi jalan yang telah mulus. Selain pengecekan fisik jalur, Agung memeriksa manajerial lalulintas termasuk pola-pola penanganan kemacetan yang akan dilakukan.

Penanganan masalah kemacetan di jalur selatan Jawa pada arus mudik dan balik masih sama seperti tahun lalu, dengan pemberlakuan sistem one way. Sebab di jalur selatan tidak ada penambahan jalan baru dan jalan lama pun sulit untuk diperlebar karena banyak tebing.

"One way masih akan diterapkan. Nanti dari Polda yang akan jadi wasit untuk menentukan kapan pengalihan arus kendaraan ke selatan, tengah, dan utara," tuturnya.

Selain di jalur utama, jalur alternatif akan disiapkan agar dipasangi penunjuk arah dan dijaga oleh anggota kepolisian. Penempatan personel dan rambu yang memadai, sangat dibutuhkan para pengguna jalan agar tidak kebingungan.

"Jangan sampai pemudik terjebak hingga akhirnya mutar-mutar. Ini bukannya membantu malah macet lebih parah," katanya.

(Baca juga : Antisipasi Kemacetan Saat Mudik Lebaran, Jasa Marga Siapkan 3 Strategi )

Sampai saat ini, pihaknya masih menghitung jumlah personel yang akan diturunkan untuk pengamanan arus mudik lebaran nanti di Polda Jabar.

"Kalau jumlah personel, kita masih hitung, tentunya harus sesuai kebutuhan," tutupnya.

Kompas TV Jelang masa mudik lebaran 2018 Kementerian Perhubungan kembali membuka pendaftaran mudik gratis bagi pengguna sepeda motor.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com