Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Abu Tours Meninggal Dunia Setelah Urus Kehilangan Paspor

Kompas.com - 09/04/2018, 20:17 WIB
Aji YK Putra,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Saila (80), salah satu korban dugaan penipuan travel keberangkatan haji dan umrah Abu Tours, meningal dunia setelah mengurus kehilangan paspor di Mapolresta Palembang, Sumatera Selatan, Senin (9/4/2018).

Saila awalnya masuk dalam daftar untuk diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah oleh Abu Tours pada Mei 2018. Namun, karena kehilangan paspor, Saila bersama anaknya, Ernani (62), mengurus penerbitan paspor baru di kantor Imigrasi Palembang.

Setelah itu, Saila bersama anaknya diarahkan untuk lebih dulu membuat surat laporan kehilangan ke Mapolresta Palembang sebelum paspor baru dicetak. Sesampainya di sana, Saila bermaksud untuk buang air kecil ke masjid di Mapolresta.

(Baca juga: Dari Total Rp 1,8 Triliun Dana Jemaah, Aset Abu Tours yang Disita Baru Rp 150 Miliar)

Tanpa diketahui penyebabnya, Saila tiba-tiba roboh setelah keluar dari toilet. Anggota Polresta Palembang yang hendak shalat langsung memberikan pertolongan kepada korban dengan membawanya ke klinik di kantor polisi. Akan tetapi, nyawa Saila tak tertolong lagi dan dinyatakan meninggal.

“Bulan Mei ini, saya dan Ibu akan diberangkatkan umrah oleh Abu Tours Palembang setelah kemarin kami sempat menjadi korban gagal berangkat dari pihak Abu Tours. Ini mau mengurus surat kehilangan paspor. Tadi ibu sehat-sehat saja,” kata Ernani.

Setelah kejadian ini, jenazah Saila dibawa ke Desa Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan untuk pemakaman.

“Sekarang menunggu keluarga untuk dimakamkan disana (OKI),” ujar Ernani.

(Baca juga: 4 Rumah Mewah Bos Abu Tours Disita, Polisi Buru Aset Lain)

Sementara itu, Kepala Sentral Pelayanan Kemasyarakatan Terpadu (SPKT) Polresta Palembang  Iptu Heri membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, sebelum meninggal, Saila telah dibawa ke klinik kesehatan.

"Namun setelah menjalani perawatan, korban dinyatakan meninggal" kata Heri.

Sebelumnya, perusahaan travel Abu Tours dinyatakan telah melakukan penipuan dengan gagal memberangkatkan ribuan jemaah haji dari Palembang, Sumatera Selatan. Kantor travel umrah Abu Tours yang berada di Jalan Pakjo Palembang pun telah disegel petugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com