Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Siswa SMA di Gorontalo Jalan Seharian Susuri Hutan demi Ikuti UNBK

Kompas.com - 09/04/2018, 12:30 WIB
Rosyid A Azhar ,
Reni Susanti

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com – Sebanyak 13 siswa berjalan menyusuri hutan sejak pagi hingga sore untuk bisa mengikuti Ujian Nasonal.

Mereka adalah siswa SMA Negeri Pinogu, Kabupaten Bone Bolango, yang lokasi permukiman mereka berada di dalam kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Sejak Sabtu (7/4/2018) pukul 05.30 Wita, mereka pamit kepada orangtuanya. Bersama sejumlah guru, mereka masuk hutan belantara dengan berjalan kaki.

Perjalanan mereka sampai di desa pertama setelah hutan, Tulabolo, pada pukul 15.00 Wita. Lalu mereka dijemput dengan mobil bak terbuka untuk dibawa ke rumah salah satu guru yang berada di Suwawa. Di rumah ini mereka menginap.

(Baca juga : Ratusan Siswa SMKN di Ogan Ilir Berjalan Kaki Tembus Banjir demi Ikuti UNBK)

“Kami membawa bekal makanan untuk makan siang. Kami sangat lelah,” kata Chrisnaldianto Bunoko (18), salah seorang siswa, Senin (9/4/2018).

Jalan yang dilalui para siswa ini adalah jalan tikus yang secara tradisional dilalui orang-orang desa menuju luar kawasan taman nasional. Sebagian jalan ini terhalang kayu tumbang dan semak.

“Ada 13 siswa dan guru pendamping yang turun dari Pinogu menuju Kecamatan Suwawa,” kata Syafrudin Abdullah, Kepala Sekolah SMA Negeri Pinogu.

Kompas TV Siswa di Dusun Jelok, Gunungkidul, harus menempuh jalan panjang untuk ikut ujian.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com