Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlalu Kasar terhadap Siswa dan Guru, Kepala SMAN 2 Kota Malang Akhirnya Dicopot

Kompas.com - 06/04/2018, 07:15 WIB
Andi Hartik,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com — Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman akhirnya mencopot posisi Dwi Retno dari jabatannya sebagai Kepala SMAN 2 Kota Malang setelah didemo semua siswanya, Kamis (5/4/2018).

Saiful mengatakan, sebelum demo terjadi, pihaknya kerap mendapatkan surat laporan terkait kepala sekolah tersebut selama satu tahun terakhir ini.

Kepala sekolah yang sudah tiga tahun menjabat itu dianggap terlalu kasar memperlakukan siswa, bahkan juga saat memarahi guru di sekolah itu.

"Saya sudah satu tahun dapat laporan-laporan dari pengawas, dari orangtua, ya, surat-surat yang masuk ke kami. Tadi saya tanya beberapa MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) di Malang, beliaunya itu pernah menjabat di SMAN 5 juga mau didemo. Pernah menjabat di SMAN 3 juga mau didemo. Kemudian dijadikan pengawas, kemudian dijadikan kepala sekolah lagi, itu akhirnya yang terjadi," katanya melalui sambungan telepon kepada Kompas.com.

Baca juga: Gara-gara Isu Alat Tes Kehamilan, Kepala Sekolah Dianiaya Orangtua Siswa

Oleh karena itu, Saiful menganggap demo siswa itu merupakan akumulasi dari kekesalan siswa terhadap kepala sekolah tersebut. Terlebih lagi, guru di sekolah itu juga kerap mendapatkan perlakuan yang sama.

"Ya, demo itu, kan, antiklimaks. Jadi, kepala sekolah ini maunya bagus biar disipilin, tetapi disiplinnya terlalu keras. Mungkin dibarengi dengan kata-katanya yang menyakitkan bagi anak-anak, termasuk juga mungkin kalau marahi guru. Lama-lama terjadi akumulasi antara kemarahan guru dan siswa. Hari ini tadi meledaknya," ujar Saiful.

Karena itu, saat demo terjadi, Saiful langsung mengambil kebijakan mencopot posisi kepala sekolah itu dan menarik posisinya ke cabang dinas yang ada di Kota Malang.

"Anak-anak itu demonya harga mati. Kepada sekolahnya harus dicopot. Saya langsung perintahkan supaya kepala sekolahnya ditarik ke cabang dinas dan kami isi dengan pelaksana tugas," katanya.

Sementara ini, pelaksana tugas Kepala SMAN 2 Kota Malang adalah Tri Suharno. Tri pernah menduduki kepala di sekolah tersebut pada 2003 hingga 2005. Saat ini, Tri menjadi Kepala SMAN Taruna Nala Jawa Timur di Kota Malang.

Baca juga: Jadi Pengedar Narkoba, Kepala Sekolah Ini Dicopot dari Jabatannya

Kompas TV Seorang kepala SDN Jatisari Kecamatan Ponjong, Gunung Kidul, berinovasi membudidayakan jamur tiram di sekolah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com