Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesosok Mayat Ditemukan Mengapung di Sumur Jalatunda Dieng

Kompas.com - 05/04/2018, 20:14 WIB
Iqbal Fahmi,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Sesosok mayat ditemukan mengapung di lokasi obyek wisata Sumur Jalatunda, Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (5/4/2018).

Mayat yang diduga berjenis kelamin laki-laki ini pertama kali ditemukan Hisbuloh (41), seorang pegawai Dinas Pariwisata UPT Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng yang sedang menyapu di sekitar lokasi sekitar pukul 08.30 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara, Arif Rahman mengatakan, mayat tersebut mengenakan celana biru ukuran tanggung, baju batik lengan panjang warna cokelat, dengan posisi badan tengkurap di tengah air telaga.

“Tim reaksi cepat diturunkan sekitar pukul 11.00 WIB, bersama SAR Banjarnegara,” katanya.

(Baca juga : Sesosok Mayat Ditemukan di Kawah Gunung Kaba Bengkulu )

Proses evakuasi, lanjut Arif, berlangsung dramatis. Pasalnya, sumur alam yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik pegunungan Dieng ini memiliki kedalaman sekitar 150 meter, dan diameter kurang lebih 80 meter.

“Kami harus menggunakan teknik vertical rescue untuk menjangkau dan mengevakuasi korban. Baru sekitar pukul 12.50 WIB korban berhasil diangkat dari dasar sumur,” ujarnya.

Pasca evakuasi, jasad tanpa identitas tersebut dilarikan ke Puskesmas 1 Batur untuk dilakukan otopsi dan identifikasi oleh tim inafis Polres Banjarnegara.

Hasil identifikasi diketahui, korban bernama Casro (103), warga Desa Yosorejo, Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan.

(Baca juga : Warga Kupang Temukan Mayat Perempuan di Area Penghijauan )

Menurut keterangan keponakan korban, korban meninggalkan rumah sejak Senin (27/3/2018). Kakek berusia lebih dari satu abad itu berpamitan untuk berkunjung ke rumah saudaranya di Desa Bakal, Kecamatan Batur.

“Untuk sementara, penyebab kematian dan misteri keberadaannya di Sumur Jalatunda masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh Streskrim Polres Banjarnegara. Jasad korban sendiri saat ini sudah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan,” pungkasnya.

Kompas TV Jejeran mayat dan organ tubuh adalah hal yang pertama dilihat ketika mengunjungi tempat ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com