Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Tangkap Ikan bareng Warga, Kang Hasan Paparkan Program "Imah Rempeg"

Kompas.com - 03/04/2018, 17:17 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIAMIS, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanudin atau yang akrab disapa Kang Hasan ikut kegiatan "ngobeng" atau menangkap ikan menggunakan tangan kosong bersama masyarakat Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Selasa (3/4/2018).

Dengan menggunakan sepeda motor, Hasan mengunjungi 6 titik kegiatan "ngobeng" dengan membawa ratusan kilogram ikan yang akan disebar untuk ditangkap oleh masyarakat.

Di sela kegiatan tersebut, Hasan menyampaikan 7 program unggulan yang akan digulirkan bersama pasangannya, calon Wakil Gubernur Anton Charliyan. Salah satu program yang ditawarkan adalah "Imah Rempeg" bagi masyarakat Jawa Barat yang kurang mampu.

Program Imah Rempeg ini memberikan bantuan bagi warga yang memiliki rumah tidak layak huni (rutilahu) hingga Rp 25 juta per tahun.

"Jangan ada lagi rumah yang bocor, rumah yang roboh dan tidak nyaman untuk ditinggali. Melalui (program) Imah Rempeg, rakyat Jawa Barat harus punya rumah yang aman dan nyaman," katanya melalui pesan tertulis kepada Kompas.com, Selasa siang.

Baca juga : Kunjungi Kota Tasikmalaya, Hasanudin Beri Perhatian Khusus untuk Atlet

Kang Hasan menambahkan, program Imah Rempeg yang digagas pasangan bernama "Hasanah" ini ditargetkan mampu memenuhi kebutuhan papan masyarakat Jawa Barat.

Selain rutilahu, Kang Hasan juga akan menyediakan rumah dengan uang muka atau down payment (DP) satu persen.

"Rumah DP satu persen itu nantinya akan disesuaikan dengan kemampuan masyarakat, namun yang jadi prioritas tetap kalangan menengah ke bawah," tambahnya.

Kang Hasan yakin, berbekal arahan dan observasi dari pemerintah pusat, dirinya akan mampu mewujudkan program tersebut, sehingga rakyat Jawa Barat bisa memiliki rumah yang layak sesuai kemampuannya.

"Terkait Rumah DP 1 persen, saya sudah konsultasi dengan menteri PUPR, itu bisa sekali diwujudkan di Jawa Barat," katanya.

Baca juga : Hasanudin: Saya Siap Perjuangkan Kesejahteraan Buruh

Selain Imah Rempeg, 6 program unggulan lain yang disampaikan Hasan adalah "Boga Gawe", "Jabar Seubeuh", "Jabar Cageur", "Sakola Gratis", "Turkamling dan Budaya", serta Molotot.com.

Kompas TV Berikut tujuh program unggulan Hasanah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com