Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Mus Terima Penghargaan Bidang Sastra dari Unnes

Kompas.com - 29/03/2018, 18:56 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - KH Ahmad Mustofa Bisri atau disapa Gus Mus menerima penghargaan dari kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes), Kamis (29/3/2018).

Gus Mus diberikan anugerah Upakarti Parama Bhujangga karena dinilai telah memberi kontribusi besar di bidang kesusastraan Indonesia.

Pemberian kehormatan itu diberikan dalam peringatan Dies Natalis ke-53 Unnes di auditorium kampus setempat. Selain Gus Mus, Unnes juga memberikan penghargaan Upakarti Prabaswara Mandala kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Rektor Unnes Faturrokhman mengatakan, penghargaan diberikan karena dua sosok itu dinilai telah berkontribusi nyata sesuai visi misi Unnes di bidang konservasi.

"Gus Mus itu seorang ulama, budayawan, sastrawan. Beliau aset nasional yang (berhasil) menembus dunia, dan itu sekarang mulai jarang. Nilai yang dimiliki Gus Mus agar dilestarikan salah satunya melalui penghargaan," kata Fatur sesuai peringatan Dies Natalis, siang tadi.

Unnes berharap, nilai yang dimiliki Gus Mus dapat diikuti baik masyakat di berbagai elemen.

"Biar menjadi motivasi agar diikuti sastrawan, budayawan di Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, penghargaan diberikan untuk Hendrar karena kontribusinya menciptakan kawasan hijau di Semarang. Program Pemerintah Kota Semarang mengurangi kawasan kumuh dan menata bantaran kali dinilai sebagai bagian dari konservasi lingkungan.

"Award agar menjadi inspirasi bagi wali kota lain di Indonesia," ucap Fatur.

Baik Gus Mus maupun Hendrar menerima penghargaan langsung dari Unnes. Gus Mus bahkan mengangkat penghargaan itu hingga membuat suasana auditorium menjadi gemuruh.

Seusai kegiatan, Gus Mus mengatakan, penghargaan itu terlalu berlebihan baginya. Namun penghargaan justru tepat untuk Hendrar Prihadi.

"Untuk Wali Kota itu pas, kalau untuk saya sendiri itu lebay," tutur Gus Mus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com