Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Puncak Ditutup Sepanjang 4 Kilometer akibat Longsor

Kompas.com - 29/03/2018, 09:37 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

Kompas TV Penutupan jalur dari arah Gunung Mas menuju Ciloto dilakukan agar perbaikan di sejumlah titik longsor yang dilakukan para pekerja bisa berjalan aman.

BANDUNG, KOMPAS.com — Tanah longsor terjadi di jalur Puncak Pass atau tepatnya di Kampung Puncak RT 003 RW 001, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (28/3/2018) sekitar pukul 20.45. Akibatnya, jalur Puncak ditutup sementara bagi pengendara roda empat. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Dicky Saromi mengatakan, Rabu kemarin hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah Cianjur. Meski belum diketahui penyebab pasti longsor tersebut, beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana itu. 

"Dampak kerusakan satu unit bangunan mes Kodam dan jalan nasional Bogor tertutup," kata Dicky melalui pesan singkatnya, Kamis (29/3/2018).

Dihubungi terpisah, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah membenarkan adanya peristiwa longsor yang mengakibatkan penutupan jalur Puncak tersebut. Menurut dia, di lokasi longsor tersebut sebelumnya ada pelaksanaan renovasi dan bangunan yang sudah dibuat berupa beronjong, tetapi akhirnya terjadi longsor.

"Longsor sampai dengan kedalaman lebih kurang 40 meter dengan panjang 120 meter," kata Soliyah.

Demi keselamatan dan keamanan pengguna jalan, sementara jalur yang terdampak longsor ditutup.

"Jalur Puncak ditutup untuk kendaraan roda empat besar dan kecil, yang diperbolehkan hanya roda dua," ucapnya.

Baca juga: Longsor di Perbatasan Bogor-Cianjur, Jalur Puncak Ditutup

Soliyah menjelaskan, pengalihan dilakukan dari Cianjur, yakni dari Persimpangan Hypermart, sedangkan dari Bogor penutupan dilakukan di Riung Gunung.

"Saat ini penutupan di Pos Jabar 9 Ciloto, titik akhirnya di RM Bumi Akik. Masyarakat masih bisa berkunjung sampai dengan RM Bumi Akik, setelah itu ditutup ke arah Bogornya. Jarak penutupan sendiri lebih kurang 4 km," katanya.

Sementara itu, Kasubid Penmas Bid Humas Polda Jabar AKBP Sri Damar Alam menjelaskan, anggota Unit Patroli Jalan Raya (PJR) Jabar 9 Puncak berkolaborasi dengan jajaran Polres Cianjur menutup jalur dan mengalihkan arus kendaraan yang datang dari arah Cianjur untuk putar balik ke arah Kota Cianjur.  

"Selanjutnya kendaraan diarahkan via jalur Cianjur-Sukabumi Ciawi-Jakarta via Tol Jagorawi, kecuali penduduk setempat sebelum TKP longsor yang dapat melintas," ujarnya.

Baca juga: Di Jalur Puncak, Sistem Satu Arah Berlaku Lebih Cepat pada Hari Ini

Sementara anggota Unit PJR Jabar 10 Ciawi berkolaborasi dengan jajaran Polres Bogor menutup jalur dan mengalihkan arus kendaraan yang datang dari arah Jakarta menuju Bandung via Ciawi-Puncak,

"Rutenya dialihkan via jalur Ciawi-Sukabumi-Bandung via Cianjur, kecuali penduduk setempat yang domisilinya sebelum TKP longsor," katanya.

Untuk anggota Unit PJR Jabar 8 Cianjur, lanjutnya, berkolaborasi dengan Jajaran Polres Cianjur mengalihkan kendaraan yang datang dari Bandung menuju Jakarta via Jonggol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com