Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maju Pilpres, Rizal Ramli Yakin Dapat Partai di "Last Minutes"

Kompas.com - 28/03/2018, 17:57 WIB
Achmad Faizal,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Ekonom senior Rizal Ramli, mengaku akan maju sebagai calon presiden di Pilpres 2019. Namun sampai hari ini dia belum memiliki kendaraan partai politik. Dia yakin, akan mendapatkan dukungan partai pada last minutes.

Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman itu mengaku tidak resah jika sampai saat ini belum memiliki kendaraan partai.

"Pimpinan-pimpinan partai kan banyak teman saya," katanya ditemui seusai Rakor Himpunan Masyarakat Petambak Garam Jawa Timur di Surabaya, Rabu (28/3/2018).

Menurutnya, di Indonesia keputusan politik serba selalu ada di akhir atau last minutes. Dia mencontohkan, saat Jokowi maju di Pilkada DKI, partai pengusungnya menyatakan dukungan 2 jam sebelum pendaftaran ditutup.

(Baca juga : Rizal Ramli Kritik PKS yang Dianggap Dukung Sistem Ekonomi Neoliberal )

Namun menurutnya, esensi keputusannya untuk maju di Pilpres bukan soal dukungan partai. Namun karena keinginan rakyat Indonesia yang banyak berharap perubahan. "Saya berkeliling ke berbagai daerah, saya dengar masyarakat banyak menginginkan perubahan," ujarnya.

Kata Rizal Ramli, Indonesia adalah negara demokrasi yang menghimpun aspirasi warganya dalam berpolitik. "Lain kalau oligarki yang mendengarkan aspirasi politik partai," jelasnya.

Dia juga menegaskan jika dirinya mencalonkan diri sebagai calon presiden di Pilpres 2019. "Baru di Indonesia ada tokoh yang mencalonkan diri sebagai cawapres. Di Amerika Serikat meski calonnya banyak, semuanya mencalonkan sebagai calon presiden," ujarnya. 

Kompas TV Pendaftaran calon presiden dan wakil presiden baru dibuka pada 4 Agustus mendatang. Namun lobi-lobi politik sudah berlangsung.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com