Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Kondisi Akses Jalan, Emil Dardak Lakukan Ekspedisi Lingkar Wilis

Kompas.com - 25/03/2018, 20:21 WIB
Slamet Widodo,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi


TRENGGALEK, KOMPAS.com – Calon wakil gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, melakukan kegiatan bertajuk Ekspedisi Lingkar Wilis Tunggal Rogo Mandiri Bersatu, Minggu (25/3/2018).

Ekspedisi ini bertujuan untuk meninjau langsung akses yang menghubungkan sejumlah wilayah di wilayah selingkar Gunung Wilis.

“Ekspedisi ini sudah menjadi bagian dari saya pribadi bersama komunitas yang ingin menggaungkan harapan kita bersama, bahwa selingkar Wilis ini sangat penting,” terang Emil, Minggu.

Kegiatan jelajah Lingkar Wilis yang dilakukan oleh calon wakil gubernur Jawa Timur ini juga diikuti komunitas mobil off road dari berbagai wilayah di Jawa Timur.

Rombongan ekspedisi Lingkar Wilis tiba di Pasar Wisata Coban Rambat, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Minggu sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Unggul dalam Hasil Survei, Emil Dardak Optimistis Elektabilitasnya Meningkat Lagi

“Di perbatasan sekitar lebih kurang dua kilometer dari Kecamatan Bendungan ini, kondisi jalannya memang belum optimal. Namun, tahun lalu sudah kita lebarkan sekitar satu kilometer lebih. Ini akan menjadi konsentrasi kita ke depan dan menjadi prioritas kita sampai ke Kabupaten Ponorogo pada dua tahun anggaran terakhir," ujar Emil.

Puluhan kendaraan yang identik dengan roda besar dan penggerak ganda ini disambut oleh sejumlah pegiat wisata serta sejumlah petani lokal.

Selanjutnya Emil beserta rombongan melakukan syukuran di Pasar Wisata Coban Rambat sekaligus melakukan dialog.

“Sektor pariwisata selingkar Wilis mempunyai potensi yang sangat luar biasa, apalagi akan ada bandara yang dekat sekali dengan Kecamatan Mojo, Kediri. Nantinya juga akan ada jalan tol dari Kertosono ke Kediri, yang bahkan bisa dilanjutkan ke Tulungagung ke sisi barat Brantas,” ucap Emil.

Ekspedisi ini dilaksanakan oleh Emil Dardak untuk meninjau secara langsung kondisi akses selingkar Wilis. Selain akses, Emil dardak juga melihat kondisi ekologi alamnya.

Emil mempunyai komitmen untuk membuka akses jalur selingkar Wilis yang selama ini masih bisa dikatakan terisolasi.

“Jalur ini masih membutuhkan banyak pembangunan jalan, meskipun transportasi perintis dari Ponorogo-Bendungan Trenggalek dan ke Sendang Tulungagung sudah ada,” tuturnya.

Baca juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Khofifah-Emil 42,4 persen, Gus Ipul-Puti 35,8 Persen

Terbukanya akses selingkar Wilis ini termasuk dalam program Nawa Bakti Satya yang berisi visi dan misi program kerja gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur nantinya. Emil menargetkan, selingkar Wilis pada tahun 2022 sudah terwujud.

"Tentunya kita akan menyelesaikan sesuai kesepakatan selingkar Wilis sampai tahun 2022. Hal ini memerlukan usaha yang konsisten dan konkret untuk memastikan adanya pendanaan terpadu, mulai dari dana DAK maupun dana dari provinsi, dan mungkin penganggaran dari dana kabupaten terkait," terang Emil.

Emil Dardak yakin, apabila selingkar Wilis ini segera terwujud, maka dampak perekonomian warga di sejumlah kabupaten akan meningkat. Adapun wilayah yang terkoneksi dengan selingkar Wilis ini adalah Kabupaten Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun, dan Kediri, atau dikenal dengan istilah Tunggal Rogo Mandiri.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com