Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangdam Siliwangi: Lestarikan Sungai Citarum seperti Beranda Rumah Kita

Kompas.com - 24/03/2018, 07:44 WIB
Agie Permadi,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pangdam III Siliwangi kini resmi dijabat Mayjen TNI Besar Harto Karyawan. Dia bakal melanjutkan penataan dan pelestarian sungai Citarum yang digaungkan Pangdam III Siliwangi sebelumnya, Mayjen TNI Doni Monardo.

Harto menganalogikan pelestarian Sungai Ciliwung seperti beranda rumah yang biasa dibersihkan dan dijaga pemilik rumahnya agar terlihat indah dan bersih.

"Saya berharap beranda rumah kita adalah Sungai Citarum. Sambil menikmati alunan keindahan Sungai Citarum. Oleh sebab itu kita tanamakan kebersihan kepada seluruh warga kita, berikan pemahaman dan pembelajaran kepada masyarakat untuk memberdayakan lahan pekarangannya. Sehingga nantinya akan terwujud cinta akan lingkungan, kebersihan dan alam," kata Harto saat pisah sambut Pangdam III Siliwangi di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh Kota Bandung, Jumat (23/3/ 2018) malam.

(Baca juga: Dukung Citarum Harum, Gabungan Komunitas di Karawang Tanam 1.000 Bambu dan Tebar Ikan)

 

Untuk itu, pihaknya menyatakan akan melanjutkan apa yang sudah digelorakan Doni Monardo untuk melestarikan dan mengembalikan kebersihan citarum.

"Apa yang sudah dirintis Pak Doni, saya tinggal melanjutkan," ucapnya.

Namun, untuk mengembalikan kelestarian Sungai Citarum diperlukan dukungan masyarakat. Perwira Tinggi TNI AD yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Danpus Penerbad) ini optimis program Citarum Harum ini akan memetik hasil baik ke depannya.

(Baca juga: Dari Surga Ini, Air Sungai Citarum Berasal)

 

"Saya yakin tujuh tahun optimis ini menghasilkan dan tentu tidak bekerja sendiri, perlu adanya dukungan masyarakat. Kita kembalikan lagi sungai sebagai peradaban dan kita tanamkan kepada masyarakat, kita berdayakan pekarangan rumah bagaimana memanfaatkan lahan satu petak, dua petak di rumah kita untuk kita tanami. Yang punya tanaman tanam di pagar, di dinding, pohon atau tanaman di udara (gantung)," jelasnya.

Seperti diketahui, Pucuk pimpinan Kodam III Siliwangi yang sebelumnya dijabat oleh Mayjen TNI Doni Monardo kini beralih ke Mayjen TNI Besar Harto Karyawan.

Kompas TV Di Bandung, Jawa Barat, Basarnas, mencoba menyulap air Sungai Citarum di lokasi banjir, jadi air yang layak pakai.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com