Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasanudin Siap Bela Nelayan Jawa Barat dengan Program "Jabar Seubeuh"

Kompas.com - 22/03/2018, 16:56 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanudin atau dikenal dengan Kang Hasan menyapa sejumlah nelayan di Kabupaten Indramayu.

Kedatangan Hasan disambut antusias oleh ratusan nelayan yang sedang mengangkut hasil tangkapannya ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mina Sumitra, Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Kamis (22/3/2018).

Kepada Hasan, para nelayan menyampaikan sejumlah aspirasi dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Dari keluhan yang ditampung, para nelayan kebanyakan kesulitan dalam hal perizinan melaut hingga permodalan.

Menanggapi keluhan dari para nelayan, dia bersama Anton Charliyan yang dikenal dengan nama pasangan "Hasanah" (TB Hasanudin-Anton Charliyan Amanah) mengaku sudah memiliki solusi melalui program Jabar Sebeuh jika nantinya terpilih sebagai pucuk pimpinan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018.

"Program Jabar Seubueh, akan memfasilitasi keperluan yang dibutuhkan oleh saudara para nelayan di Jawa Barat, khususnya di Indramayu," kata Hasan melalui keterangan tertulis Kompas.com, Kamis siang.

Baca juga : Hasanudin: Melalui Program Jabar Seubeuh, Saya Ingin Petani Untung

Lebih lanjut Hasan menegaskan, dirinya akan memprioritaskan program Jabar Sebeuh demi melindungi hak-hak para nelayan dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

Menurutnya, nelayan, seperti halnya petani, berjasa besar dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat. Sehingga, kata dia, kesejahteraan hidup nelayan merupakan tanggung jawab pemerintah dengan cara memfasilitasi kebutuhan nelayan.

"Saya akan berdiri paling depan untuk para nelayan, saya akan tampil menjadi pelindung saudara (nelayan), negara harus hadir di setiap masalah rakyat sesuai Nawacita yang digaungkan Presiden Jokowi," bebernya.

Selain itu, jika terpilih nanti, Pasangan Hasanah berjanji akan membuat cold storage di setiap TPI untuk menjamin stabilisasi harga ikan.

"Agar nelayan tidak dipermainkan oleh para spekulator, " bebernya.

Sementara itu, Dewan Presidium Serikat Nelayan Tradisional Kajidin mengatakan, nelayan di Jawa Barat membutuhkan sosok pemimpin yang mampu memberikan perubahan nyata seperti Kang Hasan.

Baca juga : Bela Petani, Pasangan Hasanah Tawarkan Program Jabar Seubeuh

Dia menilai, pasangan Hasanah sudah sangat siap memberikan perlindungan hukum terhadap nelayan, hingga meningkatkan taraf ekonomi masyarakat nelayan di Jawa Barat.

"Kita tidak butuh bantuan finansial tapi kewajiban negara melindungi nelayan, dan Kang Hasan mempunyai visi misi yang sama dengan nelayan, baik untuk melindungi, membangun dan hal lainnya yang dibutuhkan oleh nelayan," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hasan juga sempat ikut pelelangan dan melihat berbagai jenis ikan hasil tangkapan para nelayan yang ditemani oleh Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat Deddy Widjaja Dharma dan Anggota DPRD Jawa Barat Syamsul Bachri.

Kompas TV Berikut tujuh program unggulan Hasanah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com