Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Terjebak, Seorang Nenek Selamat dari Kebakaran Rumahnya

Kompas.com - 21/03/2018, 06:41 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Seorang nenek bernama Markum nyaris menjadi korban kebakaran di Kampung Pasar Anyar, Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Selasa (20/3/2018) sore.

Sang nenek selamat meski sebagian besar rumahnya ludes dilalap api.

Bambang, Ketua RT 2 Kampung Pasar Anyar, menceritakan sekitar pukul 15.30 WIB warga mendengar ada kebakaran di rumah nenek Markum.

Warga berbondong-bondong menuju lokasi tersebut dan mendapati api sudah membakar rumah nenek berusia hampir seabad itu. Sementera nenek Markum masih di dalam rumahnya.

"Awalnya kami mendengar ada kebakaran, ternyata di rumah mbah (nenek) Markum. Kami langsung berusaha menolong pakai alat-alat seadanya," tuturnya.

(Baca juga : Kebakaran Gedung Apartemen, Seorang Ayah dan Dua Anaknya Tewas )

Bambang berujar, sebelumnya nenek Markum sedang memasak air di dapur miliknya di dalam rumah menggunakan tungku kayu bakar. Entah apa sebabnya, api dari tungku tiba-tiba memercik ke atas dan menyambar atap yang terbuat dari kayu itu.

"Api naik langsung membakar bagian atap rumah, merembet barang-barang yang ada di dalam rumah. Mbah Markum juga terdengar teriak-teriak minta tolong," ucapnya.

Beruntung warga segera berdatangan, termasuk dua unit pemadam kebakaran Kabupaten Magelang yang tiba tidak lama kemudian. Sehingga api segera dikendalikan dan nenek Markum berhasil dievakuasi dengan selamat.

AKP Panca Widarsa, Kepala Polsek Mertoyudan, mengungkapkan kebakaran diduga bermula dari api tungku yang membesar lalu merembet ke atap. Akibat kejadian ini sebagian atap rumah dan ruangan di sebelahnya ambrol.

(Baca juga : Diduga akibat Korsleting, Kebakaran Hanguskan Warung Makan dan Gudang Barang Bekas )

"Atapnya terbakar, sampai roboh, nyaris mengenai pemilik rumah. Tapi beruntung beliau bisa diselamatkan warga, meskipun masih syok," jelas Panca.

Panca menyebut kerugian secara materiil akibat kebakaran diperkirakan mencapai Rp 3,5 juta. Pihaknya mengimbau nenek Markum untuk tinggal di rumah keluarga lainnya sementara rumah diperbaiki. 

Kompas TV Kebakaran melanda Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen. Asap tebal kini menyelimuti lantai 4 gedung para wakil rakyat berkantor.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com