Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karawang Alokasikan Beasiswa Pendidikan Rp 13 Miliar

Kompas.com - 19/03/2018, 12:35 WIB
Farida Farhan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menganggarkan Rp 13 miliar untuk beasiswa pendidikan SMA/SMK dan perguruan tinggi. Beasiswa akan ditransfer langsung ke rekening penerima.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyebut beasiswa pendidikan Rp 13 miliar tersebut  terdiri dari Rp 8 miliar untuk SMA/SMK dan Rp 5 miliar untuk perguruan tinggi.

"Beasiswa tersebut langsung diberikan kepada siswa atau mahasiswa melalui rekening masing-masing. Jadi bukan ke sekolah atau perguruan tingginya," ujar Cellica melalui telepon, Senin (19/3/2018).

Calon penerima langsung (CPL) akan diseleksi dengan kriteria tertentu yakni berprestasi dan tidak mampu.

(Baca juga : Program Beasiswa Santri Berprestasi Dibuka Lagi, Catat Tahapannya)

Sedangkan untuk perguruan tinggi, alokasi Rp 5 miliar diperuntukkan bagi mahasiswa Karawang di perguruan tinggi yang ada di Karawang (Universitas Singaperbangsa Karawang), di luar Karawang, maupun luar negeri.

"Untuk di luar negeri Rp 1 miliar. Memang kita akan plot kan, di universitas negeri berapa miliar, di luar negeri berapa miliar, di swasta berapa, dan di luar Karawang berapa," tuturnya.

Pihaknya juga akan berkomunikasi dengan sejumlah perguruan tinggi mengenai beasiswa tersebut, termasuk soal seleksi penerima.

"Kami akan berkomunikasi dengan pihak perguruan tinggi, tapi beasiswa tersebut langsung ke penerima (mahasiswa)," tandasnya.

Kompas TV Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud, Hamid Muhammad, mendatangi keluarga Ahmad Budi Cahyanto, guru honorer yang meninggal setelah dianiaya muridnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com