Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Ketua DPC PPP di Mata Istri, "Suami Saya Tak Ada Bandingannya"

Kompas.com - 19/03/2018, 10:55 WIB
Caroline Damanik

Editor

JOMBANG, KOMPAS.com - Kesedihan menyelimuti keluarga almarhum Muhammad Syafii Has (58), Wakil Ketua DPC Jombang, Jawa Timur. Istrinya, Ismiati (52), kerap tertegun sambil memegang foto suaminya.

Syafii ditemukan tewas di kebun tebu pinggir Sungai Brantas, Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (16/3/2018). Jenazahnya ditemukan dalam kontdisi tanpa busana.

Polisi juga telah menangkap seorang waria yang diduga terkait dengan kematian Syafii. Pasalnya, Syafii terlihat bercakap-cakap dengan waria itu sebelum tewas.

Ismiati menuturkan, Syafii yang dikenalnya merupakan sosok yang nyaris tanpa cacat.

“Suami saya di mata keluarga tidak ada bandingannya. Orangnya ikhlas. Tanyalah warga sini, kegiatannya cuma ke masjid, itu-itu aja,” tutur Ismiati di kediamannya Dusun Pulorejo, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Jombang, Minggu (18/3/2018).

(Baca juga: Penembak Mobil Pejabat: Perkenalkan Nama Saya Royce Muljanto)

Ismiati juga mengatakan, sejauh yang diketahuinya, sang suami tidak mempunyai musuh. Akhir-akhir ini pula, Ismiati mengaku bahwa Syafii yang memiliki riwayat penyakit jantung kerap sakit.

Sore sebelum ditemukan tewas, lanjut dia, suaminya sempat pamit hendak pergi ke Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Jombang untuk menemui seseorang. Ismiati mengiyakan karena mengira tidak akan lama.

Namun, hingga larut malam, suaminya belum juga pulang. Ismiati lalu mencoba menghubungi ponsel sang suami beberapa kali, tetapi tak ada nada sambung. Semalaman, dia mengkhawatirkan suaminya.

Ismiati juga mengaku sebelumnya tidak pernah mengecek ponsel suaminya untuk sekadar mengetahui kegiatannya.

“Mungkin di HP-nya ada SMS atau apa. Tapi saya tidak tahu. Saya tidak ingin terlalu mencampuri urusannya, mengingat dia juga sakit. Bahkan keluar malam juga hampir tidak pernah. Sehari-hari lebih banyak ke masjid dan olahraga," kata Ismiati.

Ismiati baru mengetahui keberadaan sang suami setelah dihubungi polisi, Jumat (16/3/2018) pagi. Saat itu, polisi mengabarkan Syafii sudah berada di RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto.

“Pagi jam 9, saya ditelepon Polres Mojokerto, pakai HP suami saya mengabarkan Pak Syafii di rumah sakit. Saya langsung ke rumah sakit, sesampai di rumah sakit, tidak tahunya (suami) sudah di kamar mayat,” ungkapnya sambil menahan tangis.

(Baca selengkapnya: Wakil Ketua DPC PPP Ditemukan Tewas Tanpa Busana, Seorang Waria Ditangkap)

Masih menurut Ismiati, seluruh barang milik suaminya tidak ada yang hilang, mulai kacamata, uang, dompet, Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun sepeda motornya.

Ismiati berharap polisi secepatnya mengungkap penyebab kematian suaminya. Dia yakin, suaminya tewas karena dibunuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com